Bupati Solok, H. Gusmal dan Kadisdikpora Kabupaten Solok, Zulfadli saat meninjau UN SMP di SMP 1 Gunung Talang dan diterima oleh Kepsek, Yulidasmar

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Setelah melakukan monitoring Ujian Nasional (UN) SMP ke SMP Negeri 3 Gunung Talang pada Senin lalu, haru Rabu (11/5), Bupati Solok kembali turun untuk melihat dari langsung pelaksanaan UN SM ke SMP 1 dan SMP Negeri 2 Gunung Talang. 

Hadir bersama Bupati Solok pada monitoring tersebut Kadis Pendidikan, Zulfadli,S.Pd,MM, Kepala Sekolah SMP N 1 Guntal, Yuli Dasmar, S.Pd,MM, Kepala Sekolah SMP N 2 Guntal, Erfi Marnis, S.Pd,MM, para SKPD lainya dan guru-guru Pengawas UN.

Kepada Bupati Solok, Kadisdikpora, Zulfadli menyebutkan bahwa peserta UN SMP,MTS sebanyak 6183 siswa (peserta ujian SMP 4452 siswa dan MTS 1431 siswa) se Kabupaten Solok dan siswa yang tidak dapat mengikuti ujian sebanyak 34 orang siswa. Sementara yang DO SMP sebanyak 18 siswa, MTS 4 siswa dan meninggal dunia 2 siswa, sakit 2 untuk SMP dan, 8 untuk MTS atau dengan total siswa yang tidak bisa ikut ujian sebanyak 34 siswa. 

“Angka DO terbanyak di SMP 2 Sungai Nanam sebanyak 8 orang siswa dikarenakan pada saat ini Nagari Sungai Nanam lagi musim panen yang mengakibatkan  motivasi sekolah jadi hilang,” tutur Zulfadli. Zulfadli juga menyebutkan bahwa untuk ujian susulan bagi siswa yang sakit di agendakan tanggal 16,17,19 Mei 2016

Bupati Solok,H. Gusmal,SE,MM, merasa prihatin dengan banyaknya siswa yang DO dan untuk mengatasi tingginya angka jumlah siswa yang tidak mengikuti ujian Nasional tingkat SMP dan MTS, dimintakan kepada Kepala Dinas Pendidikan melalui kepala sekolah untuk dapat melakukan pendekatan dialogis dengan orangtua siswa. “Kita wajib memberi sosialisasi kepada orang tua akan hal pentingnya pendidikan bagi anak dan pendidikan juga sangat berpengaruh besar terhadap masa depan dan kemajuan bangsa karena itu kita harus serius dalam menghadapi masalah pendidikan di Kabupaten Solok ini,” terang Gusmal.

Bupati juga berharap agar UN tingkat SMP, MTS ini terlaksana dengan lancar sehingga diharapkan bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik tingkat Kabupaten dan Kota. Dalam kunjungan ke SMP 1 Gunung Talang, Gusmal disambut oleh Kepsek Yulidasmar dan ke SMP 2 Gunung Talang oleh Kepsek Erfi Marnis dan majelis guru lainnya (wandy)

google+

linkedin