BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman, tanggapi Laporan Keterangan Pertanggungan Jawaban (LKPJ) Wali Kota Pariaman Tahun Anggaran 2015 dengan catatan merah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, selama satu tahun berlalu tersebut.

Tanggapan itu disampaikan Dewan kepada Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM, dalam Sidang Istimewa, Rabu (4/5/2016) yang disampaikan Ketua Panitia Khusus (Paansus) Ir. Syafinal Akbar, MT.

Menurut Syafinal Akbar, melalui pembahasan secara cermat yang dilakukan Pansus LKPJ selama satu bulan, DPRD telah mengeluarkan 55 rekomendasi atau catatan perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

"Meskipun banyak, kita selaku DPRD punya niat yang sama dalam membangun Kota Pariaman yang lebih baik ke depan," kata Syafinal.

Lebih jauh ditegaskan Syafinal Akbar, dengan keluarnya catatan atau rekomendasi terhadap pelaksanaan Pemerintahan Daerah, pihak Eksekutif diharapkan dapat meningkatkan kinerja, supaya taarhet kinerja terlaksana secara maksimal.

Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM, pada 4 April lalu telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertangungngan Jawaban (LKPJ)  kepada DPRD melalui sidang paripurna. Kemudian  Dewan menindaklanjuti dengan pembentukan panitia khusus (Pansus) yang terdiri atas 10 anggota DPRD diketua oleh Ir. Syafinal Akbar, MT.

Ketua DPRD Mardison Mahyuddin, diwawancarai terpisah usai paripurna menyebutkan, dengan keluarnya 55 rekomendasi tersebut pihak eksekutif diharap meningkatkan koordinasi antar sesama SKPD untuk capaian target kinerja maksimal.

Kata Mardison, serapan anggaran masing SKPD harus digenjot dan menjadikan 55 rekomendasi itu sebagai bahan evaluasi untuk pembangunan ke depan.

"Kinerja dinas kesehatan perlu dilakukan evaluasi karena serapan anggaran di dinas itu kecil," katanya.

Dia menilai selama ini DPRD selaku mitra eksekutif selalu mendukung program pemerintahan. "Sepanjang untuk kepentingan masyarakat kita dukung. Sedangkan yang belum kita sarankan kaji ulang. Pada intinya DPRD selalu bersama eksekutif dalam pembangunan, DPRD adalah teman sejalan bukan lawan," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, apresiasi kinerja Pansus LKPJ yang telah mengeluarkan rekomendasi sebanyak 55 item demi bahan evaluasi kinerja pihaknya ke depan.

"Tentu hal ini sudah melalui kajian yang mendalam. Rekomendasi akan kita tindak lanjuti, terutama atas konerja beberapa SKPD yang belum memuasakan," kata Mukhlis.

Mukhlis bahkan berpendapat, keberhasilan yang telah dicapai pihak eksekutif juga merupakan prestasi DPRD. "Sedangkan atas semua kekurangan akan kami perbaiki," pungkas Mukhlis. (amir)

google+

linkedin