BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof Dr H Irwan Prayitno sengaja berbuka puasa dengan menu kuliner rendang yang berdasarkan survey yang diadakan Kantor Berita CNN berada pada peringkat pertama makan terlezat di dunia.

"Alhamdulillah, buka puasa sunnah hari ini ditemani istri, di The Kafe Jalan Nipah Nomor 5 Kota Padang, Senin, 9 Mei 2016.

Ikut berbuka juga, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Ketua Organda Sumbar, Senagaja Budi Syukur, Plt Ketua KONI Sumbar, Syaiful SH Mhum, Jasman Rizal, Novermal Yuskan, Hamdanus dan Yal Aziz.

Menurut Irwan Prayitno, rendang, makanan khas kebanggaan masyarakat Minangkabau, yang kaya akan rempah-rempah khas Nusantara. "Spesialnya lagi, ternyata dari hasil survey yang diadakan kantor berita CNN Internasional, rendang berada di peringkat pertama makanan terlezat di dunia," kata Majelis Syuro PKS ini.

Kemudian, kata Irwan Prayitno, adanya  kekhawatiran jika makan rendang yang bersantan, akan berbahaya bagi kesehatan, ternyata pendapat tersebut dibantah oleh penelitian Prof. Dr. Nur Indrawaty Liputo, M.Sc., Ph.D, yang merupakan seorang Guru Besar Ilmu Gizi dari FK Unand. "Katanya, sejuta manfaat dari makan rendang," kata penggemar olahraga trabas ini.

Kuliner rendang, lanjut Irwan Prayitno, ternyata penggunaan rempah-rempah aneka jenis dan banyak jumlahnya, adalah antioksidan yang sangat baik bagi pencegahan berbagai penyakit kronis, dan santan yang berlemak rendah juga dibutuhkan oleh tubuh. "Dan yang pasti, rasanya sangat nikmat, lezat. Alhamdulillah, pas sebagai santapan di setiap meja makan kita," katanya berpromosi. (PRB)

google+

linkedin