Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrismen dan Walikota Solok, H. Zul Elfian, tampak dengan lahapnya menikmati makan bajamba pada sebuah pesta anak nagari Saningbaka, di mana makan berjamba itu diyakini bisa lebih mempererat tali persaudaraan dan persahabatan.

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Makan bajamba atau makan bersama dalam satu wadah, sampai saat ini masih menjadi tradisi oleh masyarakat Saningbaka, kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Tidak peduli dia masyarakat biasa atau pejabat, bila menghadiri pesta perkawinan atau alek nagari di Saningbaka, maka pasti akan dijamu dengan makan berjamba ini.

Seperti Sabtu tanggal 7 Mei 2016 lalu, walikota Solok, H. Zul Elfian yang merupakan putra Saningbaka dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrismen Sutan Putih, tampak datang dan hadir bersamaan dan mereka juga dijamu makan bersama dengan cara makan berjamba. Tampak orang nomor satu di kota Solok itu tidak sungkam-sungkam makan bersama dengan masyarakat dan juga wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok.  “Makan bersama atau berjamba ini sudah menjadi kebiasaan di Saningbaka dan itu pasti akan kita temui pada saat ada yang berpesta atau alek nagari lainnya,” tutur Septrismen yang diamini Walikota Solok, Zul Elfian.

Baik Septrismen maupun Zul Elfian, berharap agar tardisi makan bajamba ini akan terus dilestarikan sampai keanak cucu, agar rasa kebersamaan satu rasa dan satu nagari bisa terasa (wandy)

google+

linkedin