Tampak Kepala UPTD Pra Sekolah SD Kecamatan Gunung Talang, Zarlisno Antoni, saat memberikan smbutan pada acara serahterima Kepala SD 019 dan SD Negeri 39 serta sertijab Kepsek SD 16 Air Batumbuk, bertempat di Aula kantor UPTD Pra Sekolah dan SD Kecamatan Gunung Talang, Selasa, 3 Mei 2016. 

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Wacana penggabungan SD Negeri 19 Gunung Talang dan SD 06 Gunung Talang, Kabupaten Solok, yang lokasinya berdekatan,  nampaknya akan mulai terwujud pada Tahun ajaran 2016-2017 mendatang. 

Meski rencana pennggabungan SD Negeri 19 dan SD Negeri 06 Gunung Talang, yang terletak di Nagari Koto Gadang Guguk itu melalui proses panjang dan berliku karena menyangkut masalah aset, namun tahun pelajaran baru ini akan segera menjadi satu, yakni menjadi SD Negeri 06. 

“Benar, penggabungan sekolah itu memang sudah lama kita rencanakan, baik oleh masyarakat, kita sendiri dari pemerintahan nagari, Kepsek SD 06 dan 19 dan juga komite sekolah, namun baru pada tahun ini akan diwujudkan,” tutur walinagari Koto Gadang Guguk, Adri, Selasa, 3 Mei 2016.  

Keseriusan pihak sekolah untuk dijadikan satu dan didukung oleh nagari dan masyarakat serta Komisi A DPRD Kabupaten Solok juga sudah beberapa kali turun ke lokasi, disambut baik oleh masyarakat setempat. “Kalau belum digabung, masih ada kita dengar pemikiran diskrimiansi dari siswa dan orang tua murid. Dimana salah satu sekolah dianggap lebih baik dari yang lain. Padahal sekolah ini sama saja, hanya saja berada pada satu pintu, satu halaman dan satu lokasi,” tutur Kepsek SD 06, Zulbakti, SPd. 

Tokoh masyarakat Koto Gadang Guguk, Darmawis Rajo Batuah, yang juga merupakan mantan Kepala Desa daerah setempat menyebutkan bahwa pihaknya menyambut baik penggabungan sekolah tersebut. “Kalau memang sudah digabung, tentu tidak akan muncul lagi anggapan bahwa SD 06 lebih baik dari 19 atau sebaliknya,” tutur Darmawis.

Penggabungan kedua sekolah tertsebut, nampaknya akan efektif mulai tahun ajaran 2016-2017 ini, karena Kepala Sekolah SD 19 Gunung Talang, H. Kamal Ausaf, sudah menenpati jabatannya yang baru yakni di SD Negeri 39 Talang dan tidak ada penggantinya. Bahkan sertijab H. Kamal Ausaf, sudah digelar di Aula UPTD Pendidikan Pra Sekolah dan SD Kecamatan Gunung Talang, Selasa tanggal 3 Mei 2016 dan dilakukan oleh Kadisdikpora Kabupaten Solok yang diwakili oleh Kepala UPT Pra Sekolah dan SD Pendidikan Gunung Talang, Zarlisno Antoni, SPd. Sementara Zulbakti akan tetap memimpin SD 06 setelah digabung dengan SD 19. 

Sebelumnya, Kepala UPT Pendidikan Gunung Talang, sudah mengirim surat ke Bupati Kabupaten Solok melalui Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga setempat serta DPRD Kabupaten Solok, tanggal 11 Maret 2013 lalu dengan Nomor Surat 800/41/Din.Pdk.07/TU-2013 dan pertengahan tahun 2014 lalu. 

Isi surat tersebut menjelaskan bahwa masyarakat Guguk yang satu kesatuan masyarakat hukum adat Nagari Koto Gadang juga sudah sepakat agar sekolah tersebut dijadikan satu sekolah. Selain itu, karena letaknya sangat strategis, sekolah tersebut juga menjadi percontohan di kecamatan Gunung Talang dan Kabupaten Solok, karena letaknya sangat strategis di pinggir jalan Lintas Sumatera dan dekat dari ibukota Kabupaten Solok, Aro Suka. “Kalau ini bisa digabungkan, SD 19 kan bisa dipindahkan ke SD gendongan Anau Kadok,” tutur Kepsek SD 06 Gunung Talang, Zulbakti.

Walinagari Koto Gadang Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Adri, juga menyambut baik pennggabungan SD Negeri 19 dan SD Negeri 06 Gunung Talang, yang terletak di Nagari Koto Gadang Guguk, Kecamatan Gunung Talang, agar tidak ada lagi timbul pemikiran diskrimiansi dari siswa dan orang tua murid di nagari penghasil alpokat tersebut (wandy)


google+

linkedin