BIJAK OLINE (Kota Pariaman)-Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman sengaja mengajak para pelajar berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, seusai peringatan Hardiknas, yang dilaksanakan di Halaman Balaikota Pariaman, Senin, 2 Mei 2016.

Upacara dihadiri  Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Sekdako Pariaman Armen, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis, Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, Muspika dan Muspida Pariaman, Pimpinan SKPD Pemkot Pariaman dengan peserta ASN dari masing-masing dinas dan siswa-siswi SD, SMP dan SMA se-Kota Pariaman.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam pidato sambutan yang dibacakan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, mengatakan dunia saat ini adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu. Perubahan terjadi begitu cepat dalam skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya. Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup, cara kita bekerja, dan tentu saja, cara kita belajar.

“Tak kalah pentingnya adalah komponen kompetensi. Abad 21 menuntut anak-anak Indonesia mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi,” sambungnya.

Dalam pidato tersebut, juga mengajak mari kita perluas keriaan pendidikan dan kebudayaan. Kita bayar balik apa yang telah kita dapatkan dari pendidikan, kita gelorakan semangat bergerak untuk pendidikan, dan kita teruskan ikhtiar bersama ini.

“Kepada para pegiat pendidikan di seluruh penjuru Nusantara, ijinkan saya menyampaikan apresiasi atas peran aktifnya dalam mencerdaskan saudara sebangsa. Kepada Ibu dan Bapak pendidik di seluruh jenjang, yang tak lelah menyalurkan inspirasi, membuka jalan pencerahan, dan membangkitkan asa setiap insan yang dididiknya agar menjadi manusia yang berkarakter,” tutup Mukhlis.

Usai upacara, dilakukan pembagian hadiah terhadap lomba O2SN Kota Pariaman dan lomba marching band yang dimenangkan oleh tingkat SMA diraih MAN Padusunan Kota Pariaman sebagai Juara I dan untuk tingkat SMP Juara 1 diraih SMP 1 Kota Pariaman. Serta penampilan atraksi marching band oleh pemenang dan peragaan silat oleh siswa SMA 3 Kota Pariaman.


Kegiatan pun dilanjutkan ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa di Kampung Jawa untuk melakukan tabur bunga, dan doa bersama oleh siswa-siswi sekolah yang berada di sekitar Taman Makam Pahlawan. (amir)


google+

linkedin