TAMPAKNYA, Gubernur Sumatera Barat, Prof Dr H Irwan Prayitno Psi Msc punya kiat atau cara dalam berdakwah. Kiatnya tersebut  dengan memadukan grup musik IP Band untuk menghibur jemaah yang datang mendengarkan tausiyahnya.

Jika Haji Rhoma Irama memanfaatkan Grup Sonetanya untuk berdakwah melalui lirik lagu sambil bergoyang, maka Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno juga memanfaatkan IP Band untuk melantunkan lagu-lagu religi bernuasakan Islam, dan langsung sebagai penceramah dalam acara tabliq akbar. .

IP Band, merupakan grup musik milik Irwan Prayitno yang untuk Kota Padang, boleh dikatakan sudah booming, karena sudah sering tampil, baik melalui layar kaca televisi, juga show langsung di hadapan publik masyarakat Kota Padang. 

Irwan Prayitno, di IP Band, bukan hanya penyanyi, tetapi juga berperan sebagai pemain drumer dengan gaya dan caranya yang khas memukau penonton.

Yang hebatnya lagi, sebelum acara tausiyah Irwan Prayitno dimulai, IP Band mengajak semua jemaah yang hadir untuk mendengarkan lagu-lagu bernuasa religi, serta melantungkan lagu grup band terkenal, seperti Grup Wali yang pemain musiknya anak pesantren.

Saya termasuk yang sempat menyaksikan penampilan IP Band di acara tabliq akbar Irwan Prayitno di Tugu Perdamaian, Muaro Lasak, Keluarahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Minggu sore, 12 Juni 2016 sekitar pukul 16.00 WIB.

Semua jemaah yang ikut menyaksikan, bertepuk tangah ketika Irwan Prayitno tampil membawakan lagu Taubat Maksiat dan lagu yang berjudul Kau Istriku yang diciptakannya sendiri. 
Kemudian, Gubernur Sumbar mengajak para jemaah yang hadir untuk ikut bersama-sama melantunkan lagunya, yang disambut riuh oleh pengunjung, serta tepuk tangah begitu lagu dilantunkan.

Setelah tampil memukau di IP Band, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam tabliq akbarnya memilih thema ceramahnya: Jangan Berkeluh Kesah." 

Dari perpaduan musik dan tabliq akbar tersebut, Gubernur Sumatera Barat mengajak masyarakatnya untuk bekerja bersungguh-sungguh dan mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah kepada umatnya.

Sebagai seorang wartaan, saya menilai cara Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno berkomunikasi dengan masyarakat, melalui musik, sangat tepat, karena musik bisa juga dijadikan alat untuk berdakwah, sebagaimana yang dilakukan H Rhoma Irama.

Kita berharap, agar IP Band selalu berdakwah melalui musik yang bernuasa religi dan booming di Sumatera Barat. Semoga IP Band juga melahirkan vakalis dan musisi yang punya reputasi nasional dan internasional. Semoga. (penulis wartawan tabloidbijak dan padangpos.com)

google+

linkedin