BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Gubernur Sumatra Barat, Prof Dr H.Irwan Prayitno, MSi, PSc, yang memipin langsung Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar, salat tarawih di Masjid Raya Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Kamis, 9 Juni 2016.


Irwan Prayitno di dalam sambutannya, mengatakan sangat mendukung pembentukan Dubalang di Pemko Pariaman. Bahkan Irwan mengaku siap hadir saat launching para penjaga keamanan adat desa tersebut.

Dikatakan,  keberadaan Dubalang dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban desa, sekaligus dapat mengawal nilai adat dan agama, agar tetap kental di tengah masyarakat.

"Ditambah lagi Pariaman kota wisata, Dubalang akan menjadi magnet baru bagi wisatawan untuk mempelajari Dubalang yang ada di Kota Pariaman. Saya mendukung dengan tulus, saya akan promosikan ke daerah lain," kata Irwan.

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, menuturkan bahwa Dubalang adalah inovasi untuk menjaga keamanan/ketertiban masyarakat desa. Dubalang adalah solusi mengatasi penyakit masyarakat di tengah keterbatasan aparat pemerintah.

"Pemerintahan terendah di Kota Pariaman adalah desa, namun roh bernagari tetap kita tumbuhkan. Nanti juga akan kita bentuk Dubalang pariwisata," tutur Mukhlis.

Berkaitan dengan naiknya harga sembako di bulan Ramadhan, gubernur berpesan agar masyarakat dapat mengendalikan diri. Pemerintah sebenarnya menginginkan harga turun, namun karena tingginya konsumsi masyarakat sehingga berakibat naiknya harga barang.

"Saya menghimbau agar masyarakat jangan berlebihan dalam berbelanja. Kendalikan diri, berbukalah dengan konsumsi secukupnya. Sehingga kenaikan harga dapat ditekan," kata dia. (amir)

google+

linkedin