Teks foto: Pimpian dan Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan diabadikan bersama Rektor UNES Prof.Dr.H.Andi Mustari Pide, sebelum memberikan materi bimtek.


BIJAK ONLINE (Padang)-LPPM Universitas Ekasakti Padang berbagi ilmu dengan pimpinan dan anggota DPRD Pesisir Selatan dalam kegiatan bimbingan teknis Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

Kegiatan yang diikuti sebanyak 40 orang pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, juga kegiatan LPPM Unes yang bekerjasama dengan  DPRD Provinsi Sumatera Barat di bawah Koordinasi BPSDM Kepmendagri Jakarta

"Kegiatan pendalaman tugas termasuk orientasi pembekalan bagi pimpinan dan anggota DPRD  merupakan salah satu hak dalam peningkatan kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM), sebagai anggota dewan sesuai dengan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah," kata Rektor  Universitas Ekasakti Padang Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H. dalam paparannya ketika membuka Bintek DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Kamis, 2 Juni 2016,  di Hotel Axana Padang.

Bintek ini tidak hanya dipandang sebagai kegiatan rutin, tetapi semata menunaikan hak yang diatur dalam Undang Undang. "Diharapkan bintek ini mempunyai nilai tambah dalam peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam menjalankan tugas dan fungsi anggota DPRD," ujar Andi Mustari Pide.

Menurut Rektor Universitas Ekasakti Padang,  thema “Pedoman dan Teknis Penyusunan RPJMD serta Character Building Pimpinan dan Anggota DPRD” sudah tepat, karena Kabupaten Pesisir Selatan dan 12 Kabupaten dan kota lainnya termasuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tengah membahas RPJMD Periode 2016-2021.

Materi dalam Bintek nanti adalah Pedoman dan Teknis Penyusunan RPJMD menurut Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku, Pembahasan dan Kajian RPJMD Kab. Pesisir Selatan oleh Dr. H. Dadang Solihin, S.E, M.A dari Bappenas Jakarta. Dan materi “Manajemen Emosi Dalam Meningkatan Fungsi DPRD” diberikan oleh Media Eka Putera Pakar Neurolog Language Program (NLP).

Rektor Universitas Ekasakti Padang mengharapkan kepada peserta Bintek bisa memanfaatkan dan menggali ilmu dari para narasumber, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A . beliau ini sebagai Direktur Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah di Bappenas, banyak sekali buah pikirnya yang relevan dengan keperluan pendalaman tugas DPRD. 

Selain itu juga menguasai Sistem Perencanaan Pembangunan, Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah, Pemahaman terhadap Konsep Dasar Perencanaan Pembangunan serta Kebijakan Pembangunan, Reformasi Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan.

Dalam menjalankan tugas kedewanan, Anggota DPRD dihadapkan banyak persoalan keorganisasian, fungsi-fungsi manajemen, Tipe dan hubungan kepemimpinan serta beragam masalah organisasi dan menejemen, ini nanti bisa didiskusikan dengan Media Eka Putra, ujar Rektor.    

Kepada Panitia Penyelenggara, Rektor mengharapkan agar Bintek ini dipersiapkan dengan baik sesuai  kaidah-kaidah Bintek yang diatur BPSDM Kemendagri dan materi dan narasumber sesuai dengan kebutuhanAnggota DPRD dalam menjalankan tugasnya. (Syafruddin Humas Unes Padang)

google+

linkedin