Bupati Solok, menyerahkan bantuan CSR dari PT. Taspen kepada walinagari Saok Laweh, Irwin Saputra dan disaksikan oleh Anggota DPRD Provinsi Sumbar, M. Algazali, Ketua Yayasan Gemar Membaca Indonesia, Firdaus Umar, Ka Cab PT. Taspen Sumbar, Jhon Irwan

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, Selasa (31/5), menghadiri acara penyerahan bantuan CSR dari PT, Taspen sekaligus peresmian Pustaka Nagari Gemar Membaca, bertempat di jorong Jambu, nagari Saok Laweh, kecamatan Kubung. 

Selain Bupati Solok, hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Provinsi Sumbar, M. Algazali, Ketua Yayasan Gemar Membaca Indonesia, Firdaus Umar, Ka Cab PT. Taspen Sumbar, Jhon Irwan, SE, Camat Kubung, Ferry Hendria, Walinagari Saok Laweh, Irwin Saputra dan Para Tamu Undangan Yang Hadir.

Walinagari Saok Laweh, Irwin Saputra dalam laporannya menyampaikan bahwa bantuan buku untuk pustaka berasal dari PT. Taspen melalui Yayasan Gemar Membaca. “Dengan adanya bantuan ini mudah-mudahan dapat menjadikan masyarakat Saok Laweh ini lebih pintar dan tidak ketinggalan dalam informasi dan makin cerdas,” tutur Irwin Saputra. 

Sementara Kepala Cabang PT Taspen Sumbar, Jhon Irwan, SE, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada saat ini PT. Taspen melalui Yayasan Gemar Membaca memberikan bantuan sebesar 25 juta Rupiah. “Bantuan ini diberikan dalam bentuk buku bacaan yang berjumlah sekitar 800 buah buku. Dengan adanya bantuan ini kami berharap masyarakat kita lebih banyak lagi membaca buku,” harap Jhon Irwan. Dia juga menambahkan agar anak-anak perlu diarahkan agar gemar membaca sejak dini, dengan cara memberikan bacaan yang menarik yang sesuai dengan usianya.

Ketua Yayasan Gemar Membaca Indonesia, Firdaus Umar juga menjelaskan bahwa minat membaca di Indonesia ini sangat rendah sekali. “Kita membuat suatu program dimana petugas akan Mengantarkan buku ke rumah-rumah untuk di baca oleh ibuk,  bapak dan anak-anak, dan 2 minggu kemudian buku ini akan di ganti lagi dengan buku yang baru selama se tahun. Diharapkan dengan program tersebut masyarakat dapat terbiasa untuk membaca di karena kan buku-buku yang di sediakan sesuai dengan tingkat usianya. Mudah-mudahan ini akan dapat memberikan hasil yang baik dalam meningkatkan minat baca kita,” pesan Firdaus Umar.

Sementara Bupati Gusmal, SE, MM dalam arahannya menyampaikan bahwa  di Kabupaten Solok saat ini sedang digalakan gemar membaca karena program Bupati adalah  4 pilar pembangunan yang salah satunya adalah pendidikan. “Kita akan Menjadikan kabupaten solok ini sebagai kabupaten yang gemar membaca. Ini adalah dana CSR dari PT. Taspen yang di berikan kepada masyarakat, Kita ingin ke depannya di setiap nagari membangun tempat-tempat pendidikan. Kita berterima kasih sekali kepada pt taspen yang melalui yayasan gemar membaca yg telah menyalurkan bantuan berupa buku bacaan kepada masyarakat Saok Laweh ini,” tutur Gusmal. 

Bupati Solok itu juga menjelaskan bahwa Perpustakaan nagari saok laweh ini adalah yang pertama di kabupaten Solok, dan berharap ini dapat juga di terapkan di nagari-nagari lain (wandy)

google+

linkedin