BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Padang Pariaman, Tahun ajaran 2015/2016, berhasil lulus seratus parsen, sebanyak yang mengikuti Ujian Akhir (UA) 135 orang. Tiga puluh tiga orang diantaranya langsung diterima bekerja pada perusahaan perikanan dalam dan luar negeri.

Hal itu disampaikan Kepala SUPM Negeri Padang Pariaman, Harisjon, S.Pi, M. Si, dalam laporannya pada acara wisuda lulusan SUPM Negeri Padang Pariaman, Jum’at , 3 Juni 2016  di aula sekolah tersbut.

Kepala Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (Pusluhdaya), Dr. Endang Suhaedy, A. Pi, MM, M. Si, mengatakan SUPM Negeri Padang Pariaman, meruapakan salah satu dari 9 SUPM di lingkup Kementeriaan Kelautan dan Perikanan (KKP), di Indonesia. 

Dikatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), selain memiliki SUPM, juga memiliki satuan pendidikan tinggi yang terdiri dari 3 Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) dan satu Sekolah Tinggi Perikanan (STP) di 5 kampus.

Lebih jauh disampaikan, system pendidikan tersebut, menggunakan system pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory. Pendekatan ini menggunakan sarana dan prasarana  industry sesungguhnya di dalam kampus. Porsninya, 70 % praktek dan 30 % teori. Sedangkan untuk tingkat pendidikan tinggi 60 parsen praktek dan 40 parsen teori.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, memberikan apresiasi kepada lulusan SUPM Negeri Padang Pariaman, karena tamatan SUPM telah banyak menunggu perusahaan yang akan menerima untuk bekerja pada perusahaan swasta perikanan, baik dalam maupun luar negeri. 

“Bersyukurlah kepada Allah Swt, dan berterima kasihlah kepada kedua orang tua yang membesarkan dan menyekolahkan anda semua kepada sekolah yang berkwalitas, hormatilah guru dan yang lebih penting lagi jangan lupa melaksanakan shalat serta ibadah. Apabila anda selalu mengamalkan nasehat ini, Insya Allah anda akan sukses dan selamat dunia dan ahirat,” ujar Ali Mukhni.

Kepala SUPM Negeri Pariaman, Harisjon, melaporkan, para lulusan SUPM terdiri dari 4 program keahlian. Sebanyak 22  orang lulus pada program keahlian Nautika Perikanan Laut. Kemudian 30 orang lulus pada program Keahlian Teknika Perikanan Laut. 

Selanjutnya 51 orang lulus pada program Keahlian Teknologi Budidaya Perikanan dan 32 orang lulus pada program Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Disamping itu, 33 orang dari yang telah dinyatakan lulus, tidak bisa mengikuti wisuda, karena mereka telah diterima bekerja pada perusahaan perikanan. 

Lebih jauh disampaikan Harisjon, 85 % lulusan SUPM Negeri Padang Pariaman, telah terserap ke lapangan kerja, pada perusahaan perikanan dalam dan luar negeri. “Kita mengharapkan setelah mereka menimba ilmu dan pengalaman di tempat kerjanya, mereka didorong untuk mengembangkan wirausaha sector kelautan dan perikanan dengan berbekal ilmu dan pengalaman di daerah masing-masing,” tutur Harisjon. (amir)

google+

linkedin