MESKIPUN gendrang Pilwako Padang baru akan ditabuh KPU 2018, namun kepopuleran sosok dan kefiguran Walikota Padang Mahyeldi, tak hanya semakin dihati, tapi juga kian membuat nyali bakal calon walikota lainya ciut, sehingga maju dengan memposisikan diri sebagai wakil walikota saja.

Guyon politiknya, biar jadi orang nomor dua, tapi jadi,  daripada maju sebagai orang nomor satu tapi gigit jari.  

Berdasarkan ciloteh dilapau dan dikadai-kadai,serta di media sosial facebook, bermunculan beberapa nama, seperti Maigus Nasir, Irwan Basyir, Zulhelfi Sikumbang, Sengaja Budi Syukur, Jumadi Rajasa, dan Adip Alfikri. Masih banyak nama yang lainya.

Diakui, dari sekian nama yang telah disebut-sebut tersebut, memang punya kans atau peluang sebagai wakil walikota. Tapi, semuanya tentu tergantung dari Mahyeldi dan PKS sebagai pengusung.

Nama Zulhelfi Sikumbang, termasuk sosok yang diperhitungan. Soalnya, selain sebagai pengusaha asal Kuranji yang sukses di Jakarta, Zulhelfi Sikumbang juga kader PKS yang punya hubungan kekerabatan yang cukup dekat dengan Gubernur Sumbar, Prof Dr H Irwan Prayitno yang juga putra Kuranji. 

Begitu juga dengan Sengaja Budi Syukur yang juga pengusaha sukses dan tapi berasal dari Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan. Nama Sengaja Budi Syukur muncul, selain punya hubungan pertemanan dengan Prof Dr H Irwan Prayitno, ketua Organda Sumbar ini ketua Tim Relawan IP-NA yang sukses alias berhasil. 

Kemudian, nama Sengaja Budi Syukur dikait-kaitkan dengan jumlah warga Pesisir Selatan yang telah menjadi warga Kota Padang. Katanya, anggota IKPS yang telah menjadi penduduk Kota Padang sekitar 30 persen. 

Selanjutnya muncul nama Adp Alfikri Kepala Dispenda Kota Padang yang juga adik kandung Gubernur Sumbar, Prof Irwan Prayitno. Adip selain masih muda, juga punya talenta dikalangan generasi muda Kota Padang, karena punya catatan sejarah di KNPI. 

Dari sekian banyak bakal calon Wakil Walikota Padang, baru Adip Alfikri yang telah punya Tim Relawan Mahyeldi-Adip Alfikri, serta Tim Simpatisan Mahyeldi-Adip Alfikri. Bahkan kini, nama adip Alfikri di dunia maya face book, sudah cukup populer dengan adanya promosi di media sosial. 

Lantas dari sekian banyak nama, siapakah figur atau sosok yang akan mendampingi Mahyeldi untuk memperpanjang pengabdiannya sebagai walikota? Antalah. (penulis wartawan tabloidbijak dan padangpos.com)