BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Kota Pariaman, Drs. Sukardi, mengatakan, Istilah lansia (lanjut usia) umumnya digunakan untuk pria dan wanita yang telah berusia lanjut. Berdasarkan pengertian secara umum, seseorang disebut lansia apabila usianya 65 tahun ke atas. 

Hal itu disampaikan Sukardi, ketika membuka Pertemuan Kader Lansia Tingkat Kota Pariaman Tahun 2016, yang diselenggarakan Kabid Kesejahteraan Keluarga (Kesga) Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Kamis, (4/8/2016). 

Dikatakan, terdapat batasan-batasan umur yang mencakup batasan umur orang yang masuk dalam kategori lansia, diantaranya adalah 60 tahun (UU No. 13 Tahun 1998) dan 60-74 tahun (WHO). Lansia adalah suatu keadaan yang ditandai oleh gagalnya seorang dalam mempertahankan kesetimbangan terhadap kesehatan dan kondisi stres fisiologis. 

Lansia juga berkaitan dengan penurunan daya kemampuan untuk hidup serta peningkatan kepekaan secara individual. Selain pengertian lansia secara umum diatas, terdapat juga beberapa pengertian lansia menurut para ahli.  

Menurut Sukardi, dengan diadakannya kegiatan ini, ke depan diharapkan dapat mewujudkan kader Lansia yang lebih berkompetensi. Sehingga Kader tersebut dapat mengaktifkan Pelayan Posyandu Lansia di setiap  Desa/ Kelurahan serta melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan Umur Harapan Hidup (UHH) bagi kelompok Lansia di Kota Pariaman.

“Untuk meningkatkan UHH, Kota Pariaman telah membuat program Posyandu Lansia yang memantau kesehatan dari para lansia yang ada di Kota Pariaman”, tuturnya.

Diakhir acara Sukardi menghimbau agar para kader posyandu atau kader PKK Desa/Kelurahan, terus meningkatkan pelayanan terhadap lansia yang ada di daerahnya, serta membiasakan pola hidup sehat serta menjaga pola makan, sehingga lansia kita, dapat menjadi apa yang kita harapkan.

Wakil Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Lucy Genius menjadi salah satu narasumber dalam acara ini, mengatakan dalam exposenya kali ini, mengambil tema Pemberdayaan Lansia dengan PKK. Diharapkan para lansia di Kota Pariaman menjadi lansia yang produktif, aktif, mandiri dan tetap melaksanakan pola hidup sehat.

“Mari kita jaga perilaku hidup sehat mulai dari sekarang, untuk menjadikan lansia yang produktif, aktif dan mandiri seperti tujuan kita selama ini”, tukasnya.
Acara ini diikuti oleh utusan kader posyandu (kader PKK) 1 orang per Desa/Kelurahan se Kota Pariaman, yang berjumlah sebanyak 71 orang.  (J/amir)

google+

linkedin