BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Nico Nofriadi, pelajar kelas XII IPS 1 SMAN 4 Pariaman, mewakili Sumatera Barat bersama dengan 9 Pelajar lainnya di Sumbar, ke ajang Forum Pelajar Indonesia ke 8 yang akan dilaksanakan di Jakarta tanggal 9 – 13 Agustus 2016 mendatang. 

Anak dari pasangan orangtua, ayah Alfiandi (Sopir Angkot) dan Efridawati (Ibu Rumah Tangga), yang saat ini tinggal bersama neneknya Nurhaida umur 60 tahun di Desa Manggung, Kecamatan Pariaman selatan.

Nico yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Drs. Kanderi, MM,  dan Kepala Sekolah SMAN 4 Pariaman, Drs. Alizarman mengungkapkan, dirinya mencoba mengikuti seleksi yang ketat dimulai sejak bulan Januari – April 2016, secara online di tingkat nasional. Dan ia merasa bahagia dan bangga, dari hasil seleksi, yang diikuti seluruh pelajar SMA seluruh Indonesia, dirinya terpilih sebagai salahsatu peserta Forum Pelajar Indonesia ke 8 ini.

“Saya pertama kali mengikuti ajang di tingkat nasional dan ini merupakan pengalaman saya pertama terbang naik pesawat ke Jakarta nantinya”, ujarnya sumringah.

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menerima Nico dan Kepala sekolah SMAN 4 Pariaman di ruang kerjanya mengatakan, Pelajar Kota Pariaman harus dapat meniru apa yang telah Nico lakukan. 

Walaupun berlatar belakang keluarga kurang mampu, Nico bisa memperlihatkan prestasi sebagai salah satu peserta dari 250 pelajar si Indonesia, yang akan mengikuti Forum Pelajar Indonesia, tuturnya.
“Kita selaku pemerintah daerah dan saya selaku pribadi akan mendukung agar Nico dapat berangkat ke Jakarta pada 8 Agustus mendatang, karena pihak penyelenggara hanya menyediakan fasilitas dan akomodasi selama di Jakarta, sedangkan keberangkatan pulang pergi dari Jakarta ke Padang, di tanggung oleh peserta”, jelasnya.

Genius Umar memberikan bantuan kepada Nico dan bersama pihak sekolah SMAN 4 Pariaman, untuk Nico, agar dapat mengikuti ajang Forum Pelajar Indonesia ke 8 ini.

Kepala Sekolah SMAN 4 Pariaman Alizarman menuturkan sebelumnya pihak sekolah tidak tahu kalau siswannya bernama Nico Nofriadi terpilih sebagai salahsatu peserta Forum Pelajar Indonesia, karena pendaftaraanya secara online dan bisa diakses oleh seluruh pelajar di Indonesia.

“Semoga Nico dapat membawa nama baik Kota Pariaman dan memberikan pengalamannya selama di Jakarta, sehingga menjadi panutan dan ilmunya dapat ditularkan kepada adik-adik kelasnya. Kebetulan Nico adalah siswa berprestasi di sekolah dan mendapat Juara kelas, dan kedepan agar Nico dapat diterima di Perguruan Tinggi Negri (PTN) favorit dari kegiatan yang dilakukannya ini”, harapnya.

Forum Pelajar Indonesia adalah forum tahunan yang melibatkan 250 pelajar tingkat SMA-SMK-MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas pelajar Indonesia.

Berbagai aktivitas akan dilaksanakan anatara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Workshop, Ministerial Speak, Cultural Peformance, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inaugurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Kunjungan Lembaga Negara, Corporate Visit, Focus Group Discussion, Working Group, Field Trip dan lain-lain. (J/amir)

google+

linkedin