BIJAK ONLINE (Padang)-Sekolah Dasar Negeri 3 Alai Kota Padang, yang dipimpin, Arniati, termasuk enam sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri 2016, yang merupakan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, karena dinilai peduli lingkungan.

Penilaian penghargaan Adiwiyata Mandiri didasarkan pada empat criteria, yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan pengelolaan, dan pengembangan sarana pendukung sekolah

"Hamdallah, SDN 3 Alai dinilai sudah memenuhi standar wawasan dan pengelolaan lingkungan yang baik," kata Kepala Sekolah Dasar Negeri 3, Alai kepada Tabloid Bijak.

Menurut Arniati,  perhargaan diterimanya langsung dari Presiden RI,  Joko Widodo,  di Siak, Riau, Jumat, 22 Juli 2016 lalu. "Mempertahankan, jauh lebih sulit dan berat daripada meraihnya," kata kepala sekolah ramah dan perpenampilan sederhana ini.

Sebelumnya, Sekretaris Kota Padang, Nasir Ahmad, menyebutkan, merasa puas, senang dan bangga dengan enam sekolah di Kota Padang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri.
“Kami bersyukur, Adiwiyata Mandiri ini adalah perhargaan tertinggi, setelah Adiwiyata kabupaten dan kota, Adiwiyata provinsi, dan Adiwiyata nasional,” kata Nasir Ahmad, Jumat, 22 Juli 2016 lalu, 

Menurut Nasir Ahmad, Pemerintah Kota Padang terus mendorong sekolah-sekolah untuk terus menerus meningkatkan standar lingkungan, dengan target mencapai predikat Adiwiyata Mandiri. "Keberhasilan enam sekolah ini, tak hanya disyukuri, tetapi juga menjadi pemicu bagi sekolah yang lain," katanya.

Keenam sekolah yang berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri tersebut,  Sekolah Dasar PT  Semen Padang, SMK Semen Padang, MTSN Parak Lawas, SDN 03 Alai, MTSN Koto Tangah, dan SMPN 11 Padang. (indra)

google+

linkedin