BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof Dr H Irwan Prayitno PSI MSc, Datuak Rajo Bandaro Basa,  berkumpulan bersama para atlet PON Kontingen Sumatera Barat seusai Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasionas (Haornas) Ke-33 Tahun 2016 Provinsi Sumatera Barat, Jumat, 9 September 2016, di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

"Kobarkan semangat juang dan sportivitas tinggi, para Pandeka Minang kebanggaan Ranah Minang di semua cabang olahraga PON 2016," kata Gubernur SUmbar Irwan Prayitno.
Kemudian Irwan Prayitno menganjur kepada kontingen untuk memantapkan kebersamaan dan dukungan dari masyarakat Minang untuk mendukung kontingen Sumatera Barat di PON 2016.

Peringatan Haornas 2016 juga diikuti Plt Ketua Umum KONI sumbar, Syaiful SH Mhum dan  sekaligus melaporkan kontingen Sumbar yang akan bertanding PON XIX Jabar 2016 .

"Mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga slogan yang harus terus diimplementasikan secara baik dan benar  kepada masyarakat, terutama insan olahraga," kata pengacara ini.

Menurut Syaiful, budaya olahraga yang kuat merupakan wahana untuk bersemainya atlet-atlet bertalenta untuk mencari prestasi. "Selain itu, olahraga juga bisa menumbuhkan hal-hal positif terhadap seseorang, seperti menumbuhkan budaya disiplin, konsistensi, kompetisi, persahabatan, kesatuan dan persatuan serta perdamaian," kata Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YAPI) Padang ini.

Syaiful SH Mhum, juga mengharapkan doa dan dukungan masyarakat Ranah Minang Sumatera Barat, baik yang berada di kampung halaman, maupun yang dirantau.(Ndu)