Para Wanita Kelompok Tani yang ada di nagari Koto Gadang Guguk, diberi pelatihan memanfaatkan perkarangan rumah oleh pemerintah nagari setempat dan narasumbernya didatangkan dari BPTP Sumbar dan Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Solok, Selasa (6/9) 

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Sebanyak 40 orang wanita dari berbagai Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di nagari Koto Gadang Guguk, kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, diberi pelatihan oleh Pemerintah Nagari setempat, Selasa, 6 sEPTEMBER 2016.

Acara pelatihan digelar di kantor KAN nagari setempat dengan mendatangkan penelis dari Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Sukarami, Sumatera Barat dan dari Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Solok. 

Menurut Kasi Pemerintahan Nagari Koto Gadang Guguk, Yondrizal, pelatihan dilaksanakan dua hari yakni hari Selasa kusus untuk anggota KWT yang ada di nagari Koto Gadang Guguk dan hari Rabu pelatihan diberikan kepada seluruh Kelompok Tani (Keltan) yang ada di nagari penghasil alpokat itu. 

“Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan para anggota Kelompok Wanita Tani, agar mereka bisa mandiri,” tutur Yondrizal, yang diamini Kasi Kesra Harimas. 

Ditambahkan Yondrizal, penelis atau pemebri materi dari BPTP Sumbar yakni Farida Artati memberikan makalah tentang Penataan dan Budidaya Tanaman Sayuran di lahan perkarangan rumah dan dari Kantor Ketahanan Pangan yakni Delvi Yelviza memberikan manfaat Menu Beragam Bergizi, Seimbang dan aman atau B2SA. “Setelah pelatihan ini, para anggota KWT kita akan memahami dan bisa memanfaatkan perkarangan untuk tanaman sayur atau apotik hidup dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan kelaurga,” tambah Sekretaris Nagari Koto Gadang Guguk, Dewi Siska Putri.

Sementara Farida Hartati dari BPTP Sumatera Barat, menyampaikan bahwa saat ini masyarakat cendrung dimanjakan dengan membeli sayursayuran di pasar. “Pada hal sebenarnya lahan kosong di sekitar rumah bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman sayuran segar tanpa harus mengeluarkan uang,” tutur Farida Artati (wandy)