Ketua pelaksana lomba Hafis Qur’an, Yulidasmar, berfoto bersama tim pemenang lomba, bertempat di Musalla Baiturrahman, jorong Pakan Jum’at nagari Jawi-Jawi Guguk, Sabtu (10/9)

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Dalam rangka memotivasi para anak-anak untuk membaca Al Qur’an sejak dini, pihak pengurus Musalla Baiturrahman, jorong Pakan Jum’at nagari Jawi-Jawi Guguk, kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, menggelar lomba membaca atau hafis Al Qur’an bagi anak-anak usia dini. Lomba diikuti oleh puluhan anak dari seluruh masjid dan Musalla yang ada di nagari setempat. 

Lomba Hafis Al Qur’an bagi pemula, dibuka oleh Walinagari Jawi-Jawi Guguk, Laswir yang diwakili oleh Kasi Kesra Nagari, Yon Kahairas, Sabtu (10/9). 

Sementara tim juri diketuai oleh Ustad Syamsiris Taha, seorang ulama asal nagari Jawi-Jawi Guguk. Menurut Ketua pelaksana lomba, Yulidasmar, acara lomba hafis Al Qur’an bagi pemula, bertujuan agar anak-anak terbiasa dengan membaca Al Qur’an dan juga dalam rangka mesukseskan program Maghrib mengaji dan Subuh berjama’ah Pemerintah Kabupaten Solok yang diusung oleh Bupati Gusmal dan Wakil Bupati Yulfadri Nurdin.

“Kita ingin agar anak-anak di seluruh jorong atau musalla yang ada di nagari Jawi-Jawi Guguk ini, membiasakan diri membaca Al Qur’an setiap hari, terutama waktu Maghrib dan ini tentunya harus mendapat dukungan dari seluruh orang tua dan masyarakat nagari,” terang Yulidasmar. Dijelaskannya, sebelumnya di setiap musalla atau masjid di nagari Jawi-Jawi Guguk, juga sudah dilaksanakan wajib hafal Al Qur’an bagi anak-anak minimal ayat pendek. Sementara target panjangnya adalah anak-anak bisa hafal dan khatam Qur’an 30 Juz  (wandy)