BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Wakil Wali Kota Pariaman, Dr.H. Genius Umar, S.Sos, mengatakan,  Pemerintah Kota Pariaman  adakan sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam rangka upaya percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengembangan kebijakan untuk masyarakat miskin yang dilaksanakan di Aula Balai Kota Pariaman. (7/09/16).

Dikatakan, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada anggota keluarga miskin mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi kelompok masyarakat miskin agar tercapai kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita bersama.

Genius Umar menjelaskan PKH memberikan efek pendapatan kepada kelompok masyarakat miskin, melalui pengurangan beban pengeluaran, kapasitas pendapatan anak dan memberikan kepastian kepada anak akan masa depannya.

Program ini dalam jangka panjang berorientasi dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan saat Genius Umar memberikan sambutan kegiatan sosialisasi PKH Kota Pariaman Tahun 2016.

Kegiatan yang penyerahan bantuan tunai yang leading sector-nya Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Pariaman merupakan lanjutan realisasi kegiatan sejak tahun 2013, penerapannya secara berkesinambungan dalam mengurangi jumlah penduduk miskin di Kota Pariaman dengan kualitas pendidikan dan kesehatan lebih meningkat.

Terkait penerimaan bantun pemerintah menyalurkan selama enam tahun yang bersifat tidak permanen, selama memenuhi mekanisme pelaksanaan berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan si penerima bantuan tetap mendapatkan hak nya sampai terjadi perubahan prilaku terhadap status sosial ekonomi.

Ditahun 2016 ini, merupakan penyaluran bantuan yang ketiga dengan jumlah peserta 673 keluarga misikin melalui hasil pendataan empat kecamatan di Kota Pariaman, dengan rincian penerimaan 500 ribu rupiah untuk anak tingkat sekolah dasar, 750 ribu rupiah dan 1 juta rupiah masing-masing untuk kategori sekolah tingkat menengah pertama dan atas selama 1 tahun.

Diakhir sambutan Genius Umar menyampaikan agar penggunaan dana bantuan sesuai peruntukannya, dan tindak menyalahgunakan dana tersebut untuk transaksi yang bersifat konsumtif dengan essensi terciptanya generasi yang mandiri di Kota Pariaman. (j/amir)