BIJAK ONLINE (Bandung)-Ketua Persatuan Perantaun Minang (PPM), Asril Das mengharapkan Kontingen Sumbar yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar, untuk membawa pulang medali ke kampuang halaman.

"Kami sebagai perantau Minang, tentu hanya bisa memberikan dorongan moral dan doa, semoga kontingen PON Sumbar menang dan meraih gelar juara," kata Ketua PPM, Asril Das, yang sengaja menjamu Kontingen Sumbar di hotelnya, Asrilla, Kamis, 15 September 2016.

Dalam sambutannya, Ketua PPM Jawa Barat Asril Das mengaku senang dapat berkumpul dengan Kontingen Sumbar sebelum tampil di ajang PON 2016 Jabar. Ia berharap Kontingen Sumbar bisa menuai prestasi sehingga dapat membanggakan perantau Minang yang ada di Jawa Barat.

"Kami mengharapkan Kontingen Sumbar bisa mendulang medali sesuai target. Kapan perlu melebihi target yang dicanangkan KONI Sumbar," ujar Asril Das .

Pada kesempatan tersebut Asril juga mengharapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk mempertahankan program “Babaliak ka Nagari dan Kembali ke Surau” yang dicetuskan sejak bergulirnya era otonomi daerah. Sebab, dalam kondisi keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih dikhawatirkan akan menjadi ancaman terhadap generasi muda Minang, khususnya yang berada di kampung halaman.

“Terakhir, kami mohon maaf jika dalam penyambutan ini, ada yang kurang berkenan atau tidak pada tempatnya. Yang jelas, kami para para perantau Minang siap menjadi suporter bagi atlet Sumbar yang berlaga di arena PON nantinya,” tukasnya mengakhiri.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang juga merangkap sebagai Cheif de Mission (CDM) Kontingen Sumbar mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan segenap perantau Minang yang ada di Jawa Barat.

“Insya Allah, dengan dukungan yang diberikan para perantau ini akan menambah semangat tempur para atlet Sumbar yang akan berlaga di arena PON. Mudah-mudahan kita mampu meraih hasil terbaik nantinya,” ucap Nasrul Abit.

Setelah memaparkan sedikit tentang kondisi pembangunan Sumbar, baik yang telah berjalan maupun yang akan dilaksanakan, Wagub Sumbar, Nasrul Abit juga meminta dukungan dari para perantau Minang khususnya yang ada di Jawa Barat. Sebab, selama ini dukungan dari para perantau dalam memajukan Ranah Minang cukup besar.

“Kami akui, tanpa dukungan dari sanak saudara kami yang berada di rantau ini, kami sebagai pimpinan daerah yang dipercaya masyarakat pada Pilkada 2015 lalu bersama bapak Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno tidak bisa berbuat apa-apa. Insya Allah, kalau kita bersatu maka seberat apa pun masalah dan tantangan yang menghadang pasti akan bisa kita atasi,” kata Nasrul Abit yang disambut applus hadirin.

Acara silaturrahmi dan makan bersama tersebut diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit kepada Ketua PPM Jawa Barat, Asril Das yang disaksikan Ketua Kontingen Sumbar, S Budi Syukur. (mul/noa)