BIJAK ONLINE (Padang)-Guna memberikan motivasi sebelum tampil di arena PON XIX Jabar, September 2016, Pelaksana Tugas Ketua Umum (Plt Ketum) KONI Sumbar, Syaiful SH, MHum, sengaja menjamu para atlet dan pelatih cabang olahraga (cabor) kempo makan malam di Restoran Sederhana kawasan GOR H Agus Salim Padang, Jumat malam, 2 September 2016.

“Sebagai Plt Ketum KONI Sumbar, saya ingin seluruh atlet dan pelatih yang tampil di PON nanti merasa enjoy dan tidak terbebani dengan target yang muluk-muluk. Saya hanya minta berusahalah dengan maksimal untuk mencapai hasil maksimal di PON Jabar mendatang. Masalah hasil, kita serahkan sepenuhnya kepada Allah SWT,” ungkap Syaiful ketika memberikan arahan di hadapan puluhan atlet dan pelatih kempo ketika itu.

Syaiful juga mengimbau kepada seluruh atlet dan pelatih untuk selalu fokus dengan tugasnya masing-masing dan tidak perlu terpengaruh dengan isu-isu negatif yang beredar di luar tentang KONI dan persiapan Kontingen Sumbar. Baik melalui media massa maupun media sosial.

“Kalau ada informasi atau berita-berita miring tentang persiapan Kontingen Sumbar ke PON, tak usah ditanggapi. Sebab, hanya akan menambah beban pikiran kita. Lebih baik tanyakan saja langsung kepada saya jika memang ada yang perlu ditanyakan. Setuju?,” ucap Syaiful yang dijawab kalimat setuju oleh seluruh atlet dan pelatih kempo.

Lebih lanjut disampaikan Syaiful, jika tak ada kendala teknis, Kontingen PON Sumbar akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di halaman kantor gubernur pada tanggal 9 September 2016 bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2016 tingkat Provinsi Sumbar. Untuk itu, kepada seluruh Kontingen PON Sumbar diminta berpakaian kostum lengkap yang telah disiapkan KONI Sumbar.

“Insya Allah, pelepasan secara resmi Kontingen PON Sumbar akan dilakukan bapak Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di halaman kantor gubernur nantinya,” tuturnya menjelaskan.
Menyangkut masalah bonus atlet PON, kata Syaiful, para atlet dan pelatih tidak perlu khawatir lagi. Sebab, sudah disiapkan KONI Sumbar dan telah masuk dalam anggaran hibah KONI Sumbar tahun 2016.

“Berapa besaran bonusnya, nanti akan disampaikan langsung oleh gubernur saat pelepasan Kontingen PON secara resmi. Tapi sekedar bocorannya, untuk peraih medali emas perorangan akan dihargai sekitar Rp200 juta, perak Rp50 juta dan perunggu Rp25 juta. Untuk peraih medali beregu atau bertim akan disesuaikan. Yang jelas, nilai bonus PON kali ini jauh lebih besar dari PON-PON sebelumnya,” tukas Syaiful menambahkan.

Sementara itu, salah seorang pelatih cabor kempo, Burhendra mengakui, selama mendampingi atlet kempo ke PON, baru kali ini mendapat jamuan istimewa dari KONI Sumbar. Biasanya, atlet baru mendapat jamuan setelah mengikuti PON.

“Jujur saya akui, baru kali ini kami mendapat jamuan istimewa dari pimpinan KONI Sumbar sebelum tampil di PON. Mudah-mudahan dengan jamuan ini akan semakin melipatgandakan semangat para atlet kami untuk memberikan yang terbaik di PON nanti,” ujarnya yang disambut applus atlet kempo. (noa)