BIJAK ONLINE (Padang)-Pelaksana Tugas Ketua Umum KONI Sumatera Barat, Syaiful SH Mhum bangga dengan keberhasilan Wahyudi Putera meraih medali perunggu dan sekaligus senang karena cabang olahraga atletik sudah melampaui target yang dipatok, yakni satu medali emas.

"Patut kita syukuri dan banggakan, ternyata cabang atletik telah menyumbangkan, 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu," kata Syaiful SH Mhum yang setiap hari mengunjungi atlet yang bertanding di PON Jabar.

Menurut Syaiful, peluang masih ada di nomor lari merathon dari Hamdam peraih medali emas secara bertutut-turut tiga kali di Bali Open. "Mudah-mudahan Hamdam sumbangkan medali emas pula," kata pengacara ini. 

Keberhasilan Wahyudi menambah pundi Kontingen Ranah Minang dengan medali perunggu dari nomor 5.000 meter, di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, di Stadion Pekansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat, 23 September 2016.  Catatan waktu Wahyudi Putra  15 menit dan 13.82 detik.

Sementara medali emas di nomor 5.000 tersebut diraih Agus Prayogo dari Jawa Barat dengan catatan waktu 14 menit dan 54,03 detik. Medali emas itu didapatkan Agus dengan catatan waktu tak sebaik rekor nasional yang dibuat atas namanya sendiri, dengan catatan waktu 14 menit dan 20.29 detik.

Sedangkan medali perak digaet oleh atlet dari Daerah Istimewa  Yogyakarta Nurshodiq yang membukukan waktu 14 menit dan 59,59 detik. 

Atlet Agus yang tampil di PON atas nama tuan rumah Jar, masih menyisakan duanomo lagi pada PON kali ini. Dia akan turun pada nomor lari 10.000 meter dan maraton. Saat tampil pada PON XVIII/2012 Riau, Agus yang kala itu masih membela Jawa Tengah meraih dua medali emas dari nomor lari 5.000 meter dan 10 ribu meter. Satu medali perak didapatkannya dari nomor lari 1.500 meter. (Ndu)