Foto Robbi Sikumbang
BIJAK ONLINE (Padang)- PSP Padang lagi serius mematangkan persiapan menjelang tampil di kompetisi Indonesian Soccer Championship Liga Nusantara (ISC Linus) dan Piala Suratin U-17 Zona Sumatera Barat 2016.

Dua ajang yang akan berlanjut ke babak nasional itu menjadi wadah berikutnya PSP untuk unjuk kemampuan setelah PSP U-14 dan PSP U-16 tampil di Liga Sepakbola Pelajar Piala Menpora 2016.

"Secara perlahan-lahan PSP Padang terus bangkit menggelorakan asa untuk kembali berprestasi di segala tingkatan tim yang sudah terbentuk," kata Manager Team PSP Padang, Agus Suardi, Selasa sore, (13/9), di Stadion H. Agus Salim, Padang, 

Kali ini tim PSP senior dan PSP Junior yang bakal melanjutkan pertaruhan menjaga eksistensi berikutnya mantan klub Indra Syafri,  Jafri Sastra dan Nil Maizar yang pernah berkiprah di Perserikatan 80-an s/d 90-an kasta tertinggi kompetisi sepakbola nasional, era Divisi Utama Liga Indonesia musim 1997-2000 dan 2006-2008.

“Ya, kita akan ikut Linus dan Piala Suratin U-17. Masing-masing jajaran pelatih yang sudah ditetapkan manajemen klub, telah membentuk tim senior dan junior,” tutur Abien, sapaan familiarnya.

Jelasnya lagi, tim senior ditukangi Joni Effendi, asisten Tri Atmaja, pelatih kiper Ruben Kristof dan pelatih fisik Zulmaidi Ben. Tim pelatih telah memiliki sebanyak 23 pemain. Bermaterikan pemain berpengalaman, serupa Gusripen Effendi, Kahardinata, Joni Iskandar, dan lainnya. Mereka dikombinasikan dengan mayoritas pemain muda, seperti Randi Chandra, mantan pemain SAD Uruguay beberapa tahun lalu. Bahkan ada pemain asal Aceh Tengku Mustafa dan Papua Dimas Rafel Nuboba dan Herman Yohanes yang ikut seleksi dan sekarang menjadi bagian tim senior.

Sementara, tim junior diarsiteki oleh Satria Feri dengan asisten Rifky “Buya” Firdaus, pelatih kiper Dicky Jamalis, dan pelatih fisik David Afri Ardi, bematerikan pemain binaan sendiri Akademi Sepakbola PSP.

“Untuk tim senior dilatih Joni Effendi. Sedangkan Junior kita percayakan kepada Satria Feri. Keduanya mantan pemain PSP yang pernah malang melintang di kompetesi sepakbola tertinggi nasional,” sebutnya lagi.

Di sisi lain, menurut Abien, PSP sudah lama tidak terdengar lagi namanya di kasta tertinggi sepakbola nasional. Karena itu manajemen tim sejak 2014, telah menata ulang lagi PSP berkat dukungan penuh Ketua Umum PSP, H. Mahyeldi Ansharullah, yang juga sosok Walikota Padang sekarang. Berbagai kejuaraan satu per satu intens diikuti. Termasuk dua gelaran yang akan bergulir pekan kedua September mendatang.

“Kita menargetkan PSP senior maupun PSP junior lolos ke tingkat nasional sebagai juara Sumatera Barat pada ISC Linus dan Piala Suratin U-17 ini,” tutup Abien.

Sementara itu, Sekretaris Tim PSP Padang Robbi Malvinas, hari ini Rabu sebanyak 23 pemain PSP Senior akan di TC PENUH di MESS SOERATNO TNI - AU Jalan Raden Saleh dan PSP Junior di MESS AKADEMI PSP Padang di Lb. Buaya. 
Hal ini dilakukan supaya tercapainya pembentukkan tim yang lebih solid dan kompak. 
Apalagi kita pada babak penyisihan ISC Linus tergabung di grup A yang dilaksanakan di Kota Padang, bersama Seven FC Ulakan Padang Pariaman, GAS Sawahlunto dan PS Pessel.
Sementara itu di Piala Suratin U-17, PSP Junior berada di Grup B dengan Persikopa Kota Pariaman dan GAS Sawahlunto. (rel)