BIJAK ONLINE (Padang)-Sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum KONI Sumateran Barat, Syaiful SH Mhum menegaskan, Porprov XIV Sumbar yang akan dilaksanakan, 19-29 November 2016 mendatang, di Kota Padang  tak hanya sebagai ajang perebutan medali semata, tapi juga bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan dengan menjunjung tingi jiwa sportifitas sebagai anak nagari Minang atau Sumataera Barat.

"Berolahraga tak hanya membuat badan dan pikiran sehat, tapi juga bermanfaat meningkat hubungan persaudaraan dan pelaksanaan Porprov merupakan salah satu pemupukan rasa persaudaraan tersebut, dengan tujuan meningkatkan prestasi," kata Plt KONI Sumbar, Syaiful SH Mhum ketika berbincang-bincang dengan Tabloid Bijak dan Padangpos.com.

Jadi, kata Syaiful, pelaksanaan Porprov harus juga  dimanfaatkan untuk memperlihatkan prestasi dengan perolehan medali dengan tetap menjunjung tinggi jiwa sportifitas dan rasa persaudaraan sebagai anak nagari Ranah Minang atau masyarakat Sumatera Barat. 

Sebagai warga masyarakat yang berbeda daerah, lanjut Syaiful, so pasti akan merasa bangga, senang dan puas, jika atlet dari daerahnya berhasil meraih medali emas.  "Kita akan lebih merasa bangga, jika atlet yang meraih prestasi medali emas tersebut berasal dari daerah kita sendiri, " kata pengacara ini.

Kemudian, kata Syaiful lagi, pelaksanaan Porprov di Padang, merupakan program KONI Sumbar untuk mengembangkan dan sekaligus meningkatkan prestasi atlet, yang akan dipersiapkan memperkuat kontingen Sumatera Barat di ajang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON). "Kini, mari kita manfaatkan Porprov untuk menyalurkan bakat anak nagari dengan tekad dan target meningkatkan prestasi, demi harga diri," kata Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YAPI) Padang ini.(PRB)