BIJAK ONLINE (Padang)-Tabloid Bijak cetak dan siber atau online tabloidbijak.com menugaskan Amiruddin sebagai wartawan peliput kegiatan Pekan Olah Nasional (PON) XIX/2016 dan Perpanas XV/2016 Jawa Barat, yang akan digelar, 17-29 September 2016 mendatang. 

"Dipilihnya Amirruddin untuk meliput PON XIX Jabar, karena Amiruddin wartawan senior di tabloidbijak.com dan memang bertugas di Kota Pariaman dan tidak ada masalah," kata pemimpin perusahaan tablbloid bijak, Furna Wely.

Menurut Furna Wely, keberangkatan Amiruddin ke PON Jabar, biaya perusahaan atau tak menggunkan dana KONI Sumbar, maupun KONI Kota Pariaman. "Dulu waktu PON Jawa Timur, tabloid bijak juga mengirim wartawan Herman Virga dengan biaya perusahaan," kata ibu tiga anak ini.

Hanya saja, kata Furna Wely, diharapkan Plt KONI Sumbar memasukan Amiruddin dalam daftar kontingen, sehingga yang bersangkutan lebih leluasa meliput dan satu cabang ke cabang yang lain. "Saya ingin Amiruddin dapat ID sebagai peliput PON Jabar," tambah anak Nagari Sulit Air Kabupaten Solok ini

Sementara menurut Informasi Panitia Besar PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 Jawa Barat,  Pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 itu, telah ditetapkan secara resmi di  Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).  

Ketua Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar Dadang Suharto di Bandung, dalam siaran persnya mengatakan, akan menyiapkan sebanyak 1.500 ID card bagi pewarta atau 15 persen dari total atlet kontingen PON XIX/2016.

Provinsi Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah dan sekaligus pelaksana sebuah perhelatan ragam olahraga setingkat Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) yang ke XV/2016. 

Pekan Olahraga Nasional adalah pesta ragam olahraga empat tahunan yang mempertemukan insan-insan olahraga untuk bertanding dan berlomba dengan “fair play” dalam rangka mewujudkan dan menunjukkan raihan prestasi tertinggi olahraga di Indonesia. 

Jawa Barat selaku tuan rumah telah siap melaksanakan seluruh agenda PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat dengan tujuan dan sasaran untuk meraih “Catur Sukses PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat” yakni Sukses Prestasi, Sukses Penyelenggaraan, Sukses Perekonomian Rakyat dan Sukses Administrasi.

Rencananya penyerahan ID Card akan dilakukan pada 14 September 2016 di Media Center PON di Trans Luxury Hotel Jalan Gatot Subroto Kota Bandung, yakni  tiga hari menjelang pembukaan PON XIX/2016 yang rencananya digelar pada 17 September 2016. "Insya Allah, Amiruddin akan bertolak ke Bandung, Jabar, Selasa (13/9/2016), mendatang”.

Menurut Dadang, ID card yang disiapkan itu untuk pewarta tulis cetak, fotografer, radio maupun media televisi. Pihaknya telah menetapkan kuota bagi pewarta dari setiap provinsi yakni sebesar 15% dari total jumlah kontingen daerah masing-masing. 

Berbagai persiapan terus dilakukan untuk menyambut pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat. 

“Progres tetap bagus, tidak ada masalah karena kita H-19. Kami sudah laksanakan tahapan-tahapan menuju pembukaan PON,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Kantor Wakil Presiden, Kamis (1/9/2016), lalu.

Aher memastikan, pembukaan PON kali ini jauh lebih mewah daripada pembukaan even olahraga serupa sebelumnya. Setidaknya, lebih dari 3.000 penari akan terlibat dalam pembukaan tersebut. “Mudah-mudahan ini paling kolosal dari pada PON yang sudah diselenggarakan sebelumnya”, tutur Aher. (Ndu)