BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—"Pariaman goes to smart city" sebuah gambaran Kota Modern yang akan diwujudkan oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang ada dalam tata kelola suatu kota seperti pelayanan, kriminalitas, Infrastruktur,partisipasi, dan komunikasi dengan masyarakat, pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Oleh karena itu, Smart City Nusantara sebagai solusi yang ditawarkan,oleh Telkom Indonesia, pada Pemerintah Kota Pariaman untuk menciptakan kota yang cerdas.

Menurut, Koordinator living lab smartcity Telkom Indonesia, Imanudin, saat menerima Kunjungan Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, di Meeting Room Living lab Smart City Nusantara, Jakarta, Kamis (1/9/2016), mengatakan bahwa Smart City adalah solusi berbasis teknologi digital yang mampu membuat tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien,.

"Kedepan Teknologi informasi dapat menyelesaikan permasalahan di daerah, telkom siap membantu Pemerintah Kota Pariaman melalui pendampingan mengatasi permasalahan yang lebih prioritas diatasi oleh Kota Pariaman."ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Pariaman, Genius umar, sangat tertarik sekali terhadap program smart city yang diperagakan oleh Telkom dalam bentuk simulasi, mulai dari bentuk server room, Comon center dan meeting room yang semuanya terlihat simpel dan efektif untuk mengontrol pelayanan yang dilaksanakan oleh Skpd.

"Simulasi Smartcity perlu diterapkan di Kota Pariaman, saya mengharapkan telkom dapat mendampingi dan mengajarkanya pada SKPD, karena Smart city bisa meningkatkan pelayanan pada masyarakat, seluruh kondisi bisa dipantau dengan up to date baik kondisi pelayanan kesehatan, pendidikan, pariwisata dan pelayanan perizinan,",Tutur Genius.

Salah seorang Anggota devisi Smart City Goverment Service,Naufal menyebutkan Persoalan suatu daerah tidak sama dengan daerah lain. Jakarta fokus pada masalah transportasi, Surabaya lebih cendrung ke internal, Kota Pariaman akan kita buat Smart City sesuai dengan kebutuhannya dalam mengatasi masalah, tentu perlu kerjasama yang erat antara Telkom dengan Pemerintah Daerah.

"Dengan adanya Telkom Smartcity Nusantara Pemerintah Kota Pariaman, harus menyiapkan infrastruktur smartcity dan telkom memberikan konsultasi",tuturnya.

Fokus untuk Pemerintah Kota Pariaman akan menerapkan 6 smartcity yaitu 1.Hi City (berisikan Informasi nama kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan, info restoran. Mall. Rumah Sakit, Puskesmas Mall, termasuk info tempat wisata dan yang menarik lainnya), 2.e-kelurahan/desa (manajemen kelurahan full IT), 3.e-puskesmas (Aktifitas pelayanan dan data kesehatan akan terpantau setiap saat) 4.e- pelaporan. (Laporan, sampah.,Wisata, Narkoba, kecelakaan, Kebakaran dll) 5.Sosial media analiyic. (Isu yg berkembang di masyarakat/bisa digunakan sebagai media survey utk melihat respon masyarakat terhadap kebijakan yang dibuat Pemerintah Kota dan sentiment masyarakat 6. Common center.(monitor kondisi kota) dengan memakai sensor di kota pariaman pada beberapa titik penting.
Dalam diskusi tersebut Genius Umar juga menyarankan agar Telkom bekerjasama dengan PT.Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menyediakan Smart Tiket, mengatasi lonjakan penumpang kereta Api di Kota Pariaman.

Sebelumnya Telkom telah membantu Kota Pariaman dalam membentuk Kampung UMKM Digital di Desa Padang Biriak-biriak yang mampu meningkatkan omset UMKM Kota Pariaman.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo, Yota Balad, Kabag Humas, Yalviendri, Kabid Kominfo, Nofrizal Nur, dan 2 orang Staf. (j/amir)

google+

linkedin