BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Wakil Wali Kota Pariaman,Dr.H. Genius Umar, S.Sos. menandatangani Nota Kesepakatan percepatan penanggulangan kemiskinan dan mitigasi bencana banjir dengan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di Pangeran Beach Hotel, Kamis (15/9/2016).

Nota Kesepakatan yang ditanda tangani Wakil Walikota Pariaman ini merupakan bentuk komitmen dan keseriusan Pemerintah Kota Pariaman dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

Genius Umar, sebelumnya mengatakan Pemerintah Kota Pariaman sudah banyak membuat kebijakan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran baik dalam bentuk pelatihan keterampilan, bantuan sosial, pendidikan dan kesehatan.

"Program RTLH, Raskin, Kesehatan gratis, pendidikan gratis, transportasi Gratis, bantuan permodalan adalah bentuk program pro rakyat yang ditelurkan oleh Pemerintah untuk mengurangi beban hidup masyarakat Kota Pariaman," Ungkap Genius.

Disamping itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam sambutannya pembukaan rakor mengatakan, Pariwisata mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran.

"Pariwisata tak perlu diperdebatkan, karena akan melemahkan komitmen, yang harus kita lakukan adalah bagaimana destinasi wisata ditata dan dikelola sebaik-baiknya," tutur Irwan.

Menurut ia, Pariwisata dengan UMKM saling berkaitan dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi, penurunan kemiskinan dan pengangguran. UMKM butuh pembeli, Pariwisata meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan membeli barang dan jasa sehingga semakin tinggi tingkat kunjungan wisata maka semakin tinggi Omset UMKM. (j/amir)