Menyambut Tahun Baru Islam 1438 Hijriah, di SMP Negeri 6 Gunung Talang, Kabupaten Solok digelar berbagai lomba seperti membaca Asmaul Husna, Hafalan doa Sholat sunat duha dan lomba Tahfiz

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Peringatan menyambut datangnya tahun baru Hijriah atau Tahun Baru Islam 1438 H di kalangan pelajar di Kabupaten Solok, diisi dengan berbagai lomba dan juga rangkaian kegiatan bernafarkan Islam.

Di SMP Negeri 6 Gunung Talang, peringatan tahun baru Islam diisi dengan lomba membaca Asmaul Husna, Hafalan doa Sholat sunat duha dan lomba Tahfiz. Lomba diikuti oleh pelajar kelas VII hingga kelas IX bertempat di musalla sekolah setempat, Sabtu (1/10). 

Sementara dewan juri selain majelis guru agama sekolah setempat, juga dari mahasiswa PKL UMMY Solok dan Mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang. “Acara ini diprakarsai oleh adik-adik PKL dari UMMY Solok dan IAIN Imam Bonjol Padang dan berdampak positif bagi siswa kita,” jelas Kepsek SMP Negeri 6 Gunung Talang, H. Sakar Soeib, SPd. Dijelaskannya, sekolah umum berbasis pesantren itu memang setiap bulannya menggelar berbaga lomba hafalan Al Qur’an satu juz hingga 30 juz. “Bagi yang pemenang lomba khususnya juara pertama akan kita beri hadiah Umroh gratis,” jelas H. Sakar Soeib.

Selain di SMP 6 Gunung Talang, di SMP Negeri 1 Kubung peringatan Tahun Baru Islam juga disambut dengan lomba lagu-lagu bernafaskan Islam setelah selesai mengikuti mata pelajaran. 

“Menurut Kepsek SMP Negeri 1 Kubung, Nurmalini Nasution, lomba lagu-lagu tersebut mengambil tema Dengan Peringatan Tahun Baru Islam Kita Tanamkan Semangat Islami Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Sementara di MIS Nagari Gantung Ciri, kecamatan Kubung, juga digelar lomba membaca Al qur’an bagi kalangan siswa siswi sekolah setempat. Sementara peringatan Tahun baru Islam di SMP 3 Gunung Talang, juga digelar berbagai lomba membaca dan menghafal ayat-ayat pendek serta lomba lagu bernafaskan Islam (wandy)

google+

linkedin