Ketua Basnas Sumatera Barat Prof. Dr. Syamsulbahri Khatib secara simbolis menyerahkan beasiswa Kepada Warek III Unes.


BIJAK ONLINE (Padang)-Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat Prof. Dr. Syamsulbahri Khatib memberikan Beasiswa kepada Mahasiswa Universitas Ekasakti-Akademi Akuntansi Indonesia (UNES-AAI) Padang, Jum’at (7/10) kemarin diserahkan langsung kepada Wakil Rektor III Ir. Mahmud R Bara, M.Si di ruang Rektorat Universitas tersebut.

Mahasiswa Universitas Ekasakti – Akademi Akuntansi Indonesia yang memperoleh beasiswa sebanyak 12 orang mahasiswa, terdiri dari mahasiswa Fakultas Teknik & Perencanaan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Padang.

Pemberian beasiswa tersebut kata Syamsulbahri Khatib sesuai dengan SOP Baznas, harus ada rekomendasi dari Baznas Kabupaten / Kota, Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Surat Keterangan Keluarga Tidak Mampu, pemberian beasiswa kepada mahasiswa UNES-AAI sesuai dengan proposal yang masuk ke Baznas Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat setiap tahun dana yang dikeluarkan untuk beasiswa rata-rata 800 orang, zakat diterima setiap tahun selalu meningkat, dana itu digunakan 20 prosen untuk program cerdas, 35 prosen untuk ekonomi masyarakat tidak mampu dan sisanya peduli rawan bencana. Selain itu juga membantu masyarakat tidak mampu dan tidak mempunyai BPJS.

Kepada mahasiswa yang menerima beasiswa ini, Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat 
mengharapkan beasiswa yang diberikan itu dimanfaat untuk kepentingan kuliah, memberikan informasi pada Baznas melalui Universitas. Kepada Universitas agar dibentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), sehingga nanti mahasiswa UNES-AAI banyak memperoleh beasisa dari Baznas Provinsi Sumatera Barat.

Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat menyebutkan zakat memberikan berkah kepada kita, mengembalikan hak Allah kepada Allah, membersihkan harta dan pendapatan yang diperoleh, zakat tidak mengurangi harta dan pendapatan kita. Masyarakat Sumatera Barat kepatuhannya terhadap zakat sangat tinggi dibandingkan dengan daerah lain,Ujar Prof. Dr. Syamsulbahri Khatib .  

Wakil Rektor III Universitas Ekasakti Padang Ir. Mahmud R Bara, M.Si menyebutkan tahun 2016  Yayasan Perguruan Tinggi Padang (IYPTP) memberikan beasiswa kepada mahasiswa tidak mampu, anak Panti Asuhan dan Pengurus Mesjid cukup banyak, Beasiswa Mahasiswa Berprestasi di Bidang Akademik dari Kemenristek RI, Beasiswa Bidikmissi, beasiswa dari Prusahaan Swasta dan sebagainya.

Kepada Baznas Provinsi Sumatera Barat Wakil Rektor III Universitas Ekasakti Padang Ir. Mahmud R Bara, M.Si mengucapkan terima kasih atas kepedulian Baznas Provinsi Sumbar kepada Mahasiswsa Unes, kepada mahasiswa yang memperoleh beasiswa agar memanfaatkan uang tersebut untuk kepentingan kuliah. (Ka. Humas H. SYARIFUDDIN, SE, M.HUM).

google+

linkedin