Armaiti Malik

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pemerintah Kabupaten Solok sudah membentuk OPD dan sudah diusulkan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Saat ini, OPD yang diusulkan tersebut sedang dievaluasi oleh Pemerintah Sumatera Barat.

OPD yang sudah disepakati bersama DPRD tanggal 16 September 2016 lalu, adalah menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perankat Daerah. Menurut Kabag Organisasi Pemkab Solok, Armaiti Malik, Perangkat Daerah adalah unsur pembantu kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah. 

Pembentukan Perangkat Daerah, menurut PP tersebut, dilakukan berdasarkan asas urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah, intensitas Urusan Pemerintahan dan potensi Daerah, efisiensi dan  efektivitas sesuai kebutuhan daerah. Dijelaskan Armaiti Malik, perubahan struktur organisasi Pemkab Solok, menuntut ketersediaan pegawai yang lebih banyak. Sebab perombakan OPD memungkinkan terjadinya pemisahan bagian lembaga menjadi dinas tersendiri, atau perubahan SKPD yang meliputi nama, struktur, dan jabatan. 

“Pemkab Solok tengah menghitung berbagai opsi perombakan OPD. Pasalnya selain struktur pegawai, perombakan OPD akan berdampak pada perubahan anggaran. Meski demikian, menurut Armaiti Malik, pada dasarnya perombakan OPD dilakukan berdasarkan urusan pemerintahan yang ada.

Pemkab Solok mengusulkan Struktur OPD seperti Sekretariat Daerah yang akan membawahi 9 Bagian, 3 Asisten dan 3 Staf ahli, Selain itu ada Sekwan, Inspektorat, 17 Badan dan 3 Badan. Dalam OPD tersebut dibentuk OPD yang terbagi dari tiga tipe seperti Sekretariat Daerah, Inspektorat, Dinas Pendidikan, Kesehatan, Dinas PU adalah  termasuk tipe A Sementara  Sekretariat DPRD, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Penanaman Modal adalah contoh Tipe B dan Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perpustakaan, Dinas BPM adalah tipe C. 

“Saat ini kita menunggu Pemerintah Provinsi mengevaluasi usulan OPD kita, karena setiap daerah berbeda kebutuhan,” jelas Armaiti Malik (wandy)

google+

linkedin