Wakil Rektor Bidang Kerjasama UNES Padang Henry Mappesona, S.E., M.Sc Tengah Memberikan Sambutan Pada Bintek DPRD Kabupaten Agam


BIJAK ONLINE (Padang)-Wakil Rektor Bidang Kerjasama Universitas Ekasakti Padang   Henry Mappesona, S.E., M.Sc menyebutkan pimpinan dan anggota DPRD perlu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas untuk mengimbangi kemampuan aparatur pemerintah daerah dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Melalui Bimbingan Teknis (Bintek) yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Ekasakti Padang bekerjasama dengan DPRD Kabupaten/Kota dan DPRD Provinsi Sumatera Barat dibawah koordinasi BPSDM Kemendagri, bisa lebih banyak menggali ilmu dan berdiskusi dengan para narasumber yang profesional di bidangnya,"  kata Henry Mappesona ketika membuka Bintek DPRD Kabupaten Agam, Jum’at,  di Premier Basko Hotel Padang.

Bintek ini merupakan salah satu sarana kegiatan pendalaman tugas, dan salah satu hak Anggota DPRD untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas anggota DPRD sesuai dengan Undang Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Bintek ini jangan dipandang sebagai kegiatan rutin, semata menunaikan hak yang diatur dalam Undang-Undang saja, tetapi memberikan nilai tambah bagi Anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsinya, ujar Henry.

Thema Bintek kali ini diambil “Sosialisasi dan Implementasi PP No.18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah; Pedoman dan Teknis Penyusunan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) serta Optimalisasi Fungsi Pengawasan DPRD terhadap Siklus Anggaran Daerah dan Pendapatan Daerah dalam RAPBD tahun 2017”

Henry Mappesona mengatakan perhatian Pemerintah Pusat cukup tinggi, baik melalui program Bidik Misi untuk mahasiswa berprestasi maupun total dana APBN yang diberikan kepada Universitas Ekasakti Padang. UNES-AAI Padang berterima kasih atas kepercayaan dari pemerintah, lembaga, instansi dalam dan luar negari, pemerintah daerah maupun masyarakat. Alhamdulillah kata Henry tiga tahun terakhir ini UNES-AAI Padang menunjukkan peningkatan penerimaan mahasiswa baru, tandanya UNES-AAI Padang sudah dilirik oleh masyarakat Sumatera Barat khususnya dan Sumatera pada Ununnya, dan juga  dari Provinsi lain menguliahkan putra-putrinya di UNES-AAI Padang, 

UNES-AAI Padang terus melaksanakan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Perusahaan Swasta dan Kelompok Masyarakat Petani, Peternak dan UMKM. Sekarang UNES-AAI Padang tengah mengembangkan Pusat-pusat studi dan kajian yang bersentuhan dengan Pemerintah dan Masyarakat di Daerah, seperti pusat kajian Agroteknologi, Pusat Kajian Energi dan Teknologi Tepat Guna , Pusat Studi Hukum dan Otonomi Daerah. UNES-AAI Padang terus membuka peluang kerjasama baru dengan lembaga dan masyarakat serta meningkatkan kerjasama yang telah ada. Ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan “ruh utama dari Pendidikan Tinggi di Indonesia termasuk UNES-AAI Padang. Kata Henry.

Ketua DPRD Kabupaten Agam Marga Putra menyebutkan Bintek ini sangat membantu Pimpinan dan Anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsinya, dan bisa mengimbangi kemampuan yang dimiliki Aparatur Pemerintah Daerah, walaupun Aparatur Pemerintah Daerah sudah pakar, jam kerjanya sudah banyak, sudah lama menduduki jabatan eselon II dan III. Untuk menyeimbangi kemampuan tersebut, perlu Pimpinan dan Anggota DPRD menambah ilmu dan memanfaatkan Bintek ini dan pelatihan lain.

Bagi Pimpinan dan Anggota DPRD sudah 3 kali Periode menjadi Anggota DPRD belum tentu  bisa mengimbangi kemampuan Aparatur Pemerintah Daerah  tersebut, karena peraturan dan perundang-undangan selalu berubah, maka melalui Bintek inilah  kita bisa menambah wawasan, ujar Ketua DPRD itu.

Pada bulan Oktober 2016 mendatang Pemerintah Daerah Kab. Agam  akan melakukan perubahan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), pelaksanaan Bintek kali ini sangat tepat sekali membahas materi tentang SOPD tersebut, diharapkannya kepada para Anggota DPRD agar lebih banyak berdiskusi mengarah ke materi SOPD, sehingga dalam penyusunan SOPD Kab. Agam bersama dengan Pemerintah Daerah Agam tidak mengalami kendala, SOPD yang ditetapkan nanti sudah mengarah pada efesiensi perangkat daerah sudah sesuai dengan kebutuhan, ujar Marga Putra. (Ka. Humas H. SYARIFUDDIN, SE, M.HUM)    

google+

linkedin