BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)— Wakil Wali Kota Pariaman, Dr. H. Genius Umar, S.Sos, mengatakan, Kota Pariaman wilayahnya kecil dan tidak memiliki SDA yang dapat dibanggakan, salah satu yang dapat kita kembangkan adalah Pariwisata.

Genius Umar, S.Sos,  mengatakan hal itu, ketika menjadi Narasumber dalam Seminar Internasional Geografi (Geography Internasional Seminar 2016) yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang, di Basko Hotel, Sabtu(1/10/2016).

Dikatakan, Pemerintah Kota Pariaman sedang mengembangkan destinasi wisata unggulan yang mampu mengangkat derajat ekonomi masyarakat.  Pantai, pulau dan penangkaran penyu menjadi konsentrasi pembangunan destinasi wisata ke depan.

Lebih jauh disampaikan, Pulau Angso sebagai lokomotif pariwisata, mampu membangkitkan gairah wisatawan untuk berkunjung namun dengan meningkatnya jumlah pengunjung berdampak terhadap kerusakan ekosistem disekitarnya.

"Sekarang kita sedang lakukan recovery agar ekosistem terjaga dengan baik, melibatkan seluruh SKPD terkait." tuturnya.

Khusus kawasan konservasi penyu pada tahun ini ia mengatakan telah menetaskan 70.000 penyu. disamping penyu memiliki fungsi ecology juga berdampak pada fungsi ekonomi. Keberadaan penangkaran penyu katanya mampu meningkatkan kunjungan wisata dan ekonomi masyarakat.
Sebelum pemaparan terlebih dahulu peserta seminar yang berjumlah ratusan orang disuguhkan video penyelenggaraan tabuik yang akan digelar pada tanggal 2-16 Oktober 2016.

Dalam seminar tersebut dihadirkan beberapa narasumber baik dalam negeri maupun luar negeri diantaranya Key Note Speaker, Daniel A. Friess, P.h.D. from United Kingdom of great britain and Northern Ireland, Safiah Yusman Muhammad Yusoff,Ph.D, Senior Lecturer, Malaya University, Prof.Dr. Syafri Anwar(UNP Padang). Viktor PH.Nikijuluw.P.hD, Genius Umar (Wakil Walikota Pariaman), Dr. Asnil dan Dr.Dedi Hermon.MP. (j/amir)

google+

linkedin