PEMKO Pariaman, bawa awak media yang sehari-hari meliput di Kota Pariaman, studi komperatif ke Yogyakarta, dalam rangka melihat perkembangan Pariwisata di Kota Budaya tersebut, untuk dibawa ke Kota Pariaman, trik dan langkah yang dipakai Pemko Yogyakarta untuk menarik wisatawan datang ke Kota Budaya itu.

Studi komperatif yang diikuti 25 orang awak media itu, dipimpin Wakil Wali Kota Pariaman, Dr. H. Genius Umar, S. Sos, M. Si itu, berangkat dari Kota Pariaman, Minggu (27/11/2016) dan akan kembali Rabu (30/11/2016), dengan menumpang pesawat Citilink dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pukul 9.30.00 WIB  dan sampai di Jakarta pukul 11.00 WIB.

Setelah trasit sampai pukul 13.00 Wib, akhirnya rombongan terbang lagi dengan pesawat Citilink ke Yogyakarta, tepat pukul 17.30 pesawat mendarat di Bandara Adi Sucipto dan langsung naik mobil wisata yang sudah dikondisikan sebelumnya Kabag Humas Pemko Pariaman, Yalvi Endri, SE, M. Si dengan rekanya Asrif dan Indrawati serta staf  humas lainnya.

Sebelum sampai ke Hotel Malioboro Inn Jalan Sosrowijayan Nomor 23-25 Yogyakarta, mobil mampir di Rumah Makan masakan urang awak Duta Minang. Karena jadwal makan siang sudah terlambat dari jadwal normal, sehingga Bapak Genius Umar, sampai di rumah makan, mengatakan sambil guyon, “alah kabua mato kawan-kawan kasodonyo,” ujar Genius Umar.

Memang semua kawan-kawan awak media, karena terlambat makan siang tersebut, sudah tidak banyak yang berdaya lagi untuk berbicara, sebelum siap makan siang tersebut. Habis makan siang, baru satu persatu sudah ada yang mulai berbicara, seperti Abasril H, wartawan Mingguan Serambi, “baru agak nyalang incek mato kalau sudah makanko,” tutur Abe.

Termasuk Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Pariaman, Ikhlas Bakri, banyak diam dari pada bicara, karena walau pun makan di rumah makan masakan Minang,  rekan kita yang satu ini seleranya tetap beda dengan rekan-rekan yang lain. Ikhlas lebih memilihi makan dengan gulai telor atau dadar telor. “Alah biaso macam iko awak ndak nio sambal yang lain,” ujar Ikhlas.

Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar dalam pertemuan dengan rekan wartawan sebelum makan malam  di ruangan pertemuan hotel Malioboro,  mengatakan, Pemko Pariaman, berikan apresiasi kepada rekan-rekan wartawan yang bertugas di Kota Pariaman, karena sudah ikut  membangun Kota Pariaman dengan berita atau tulisan yang ditulisnya pada media masing-masing.

“Tanpa rekan-rekan wartawan, jelas Pemko Pariaman, tidak mampu membangun Kota Pariaman, berbagai iven digelar Pemko Pariaman, dengan tujuan bagaimana meramaikan Kota Pariaman dan bagaimana mengajak orang untuk datang ke Kota Sabiduak Sadayuang itu,” ujar Genius.

Tujuan Pemko Pariaman, mengajak rekan-rekan wartawan berkunjung ke Yogyakarta, untuk melihat kemajuan Pariwisata Kota Budaya tersebut, nanti balik dari kunjungan jelas aka nada berita atau tulisan rekan-rekan wartawan, sehingga dengan demikian akan muncul ide-ide baru dalam memajukan Pariwisata di Kota Pariaman. 

“Diharapkan dengan berita dan tulisan rekan wartawan itu, pengunjung makin bersemangat untuk datang ke Kota Pariaman, kalau pengujung sudah banyak yang datang, mau tidak mau, mereka pasti berbelanja dan disamping itu, bagaimana wisatawan yang datang juga bisa nginap di Kota Pariaman,” tukuk Genius Umar menimpali kembali. (bersambung)