Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo dan Istri Ny. Hajjah Desna Devi Gusmal, sH, saat melakukan pemeriksaan kesehatan pada acara Kampanye Cerdik Dalam Rangka Mendeteksi Penyakit Menular di Kabupaten Solok, kemaren

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, membuka acara kampanye cerdik dalam rangka deteksi dini penyakit tidak menular di Kabupaten Solok, bertempat di lapangan parkir Kantor Bupati Solok, kemaren. Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Solok, Yulfadri nurdin, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Hajjah Desnadefi Gusmal, SH,  Ketua GOW Kabupaten Solok ,Ny. Dahliar yulfadri nurdin, Kadis Kesehatan Kabupaten Solok, dr.  Sri Efianti, Kasat POL PP, Raflis, Sekretaris Dukcapil, Bermalis dan SKPD lainnya.

Ketua panitia pelaksnana, dr.  Sri Efianti dalam laporannya menyampaikan bahwa peningkatan prevelensi penyakit tidak menular berdampak terhadap peningkatan beban pembiayaan kesehatan yang harus di tanggung negara dan masyarakat. Jumlah posbindu PTM di Kabupaten Solok saat ini sebanyak 79 posbindu yang tersebar di nagari-nagari di wilayah kerja Puskesmas Se Kabupaten Solok.

“Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, maka perlu dilakukan promotif dan prefentif terutama untuk pencegahan penyakit menular dan tidak menular. Strategi pengendalian faktor resiko PTM adalah dengan adanya perubahan prilaku masyarakat yang lebih sehat yaitu prilaku “CERDIK” yakni  Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga dan aktivitas fisik, Diet yang seimbang dan Instirahat yang  cukup serta Kelola stress dengan baik,” jelas dr. Sri Efianti. Sementara tujuan dari kegiatan ini adalah terlaksananya pencegahan dan pengendalian faktor resiko PTM berbasis peran serta terhadap masyarakat secara terpadu, rutin dan periodik. “Kampanye CERDIK adalah salah satu upaya menggerakkan mastarakat agar berprilaku sehat dengan melibatkan seluruh karyawan di lingkungan pemda kab solok sekaligus melakukan aktivitas fisik bersama  (Senam), pemeriksaan EKG dan Spirometri serta Edukasi oleh Dokter Spesialis Jantung, Paru, dan Penyakit Dalam,” sambungnya.

Bupati Solok, H. Gusmal dalam sambutannya mengharapkan agar setelah kegiatan ini semua masyarakat dapat menunjukan adanya perubahan perilaku menjadi masyarakat yang lebih sehat sehingga mencegah terjadinya penyakit tidak menular (PTM). Di Kabupaten Solok, pengendalian penyakit tidak menular dilakukan dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan deteksi dini, pemantauan dan tidak lanjut faktor resiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan di posbindu PTM dan implementasi prilaku cerdik yang sudah ada di masing-masing Puskesmas. 

Dijelaskan Gusmal, kampanye CERDIK dengan tema, Masa Muda Sehat, Hari Tua Nikmat, Tanpa Penyakit Tidak Menular Dengan Prilaku Cerdik. “Kepada seluruh PNS nantinya dapat melakukan deteksi dini penyakit tidak menular oleh IDI Kab Solok. Kita juga bisa mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis jantung, dokter spesialis penyakit dalam dan dokter paru untu kedukasi dari hasil pemeriksaan nantinya. Untuk itu, mari kita sukseskan kegiatan ini secara bersama-sama karena kita sadar betapa pentingnya melakukan deteksi dini terhadap penyakit tidak menular untuk hidup yang berkualitas,” pungkas H. Gusmal (wandy)

google+

linkedin