BIJAK ONLINE (Padang)-Kepedulian komunitas Nisan Terano Club Sumatera Barat, terhadap destinasi kawasan wisata di Ranah Minang patut diapresiasi dan di puji. Kepana? Karena komunitas penggemar dan pengagum mobil jenis Nisan Terano ini sengaja mengajak rekan-rekannya se nusantara untuk mengikuti Jelajah Potensi Wisata Ranah Minang.

"Sebagai komunitas Nisan Terano Club SUmbar, kami juga sangat peduli dengan perkembangan dan kemajuan wisata di Sumbar ini," kata Defilanur ketika berkunjung ke Posko BOM, Selasa, 29 November 2016.

Menurut Defilianur, sesuai rencana Jelajah Potensi Wisata Sumbar ini starnya dari Mapolda Sumatera Barat, Jumat, 9 Desember, 2016 dan langsung ke Kabupaten Agam. "Di Agam, kami di jamu atau disambut Bupati Agam, Indra Catri  dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke puncak lawang dan istrihat makan siang," katanya.

Kemudian, kata Defilianur, dari Puncak Lawang komonitas menuju Kota Bukittinggi sambil melihat keunikan Kelok Ampek-ampek. "Kita menginap di Hotel Paray di Bukittingi, sembari mengikuti acara malam silaturahmi dengan Bupati Agam di rumanya yang di Bukitinggi, sambil benyanyi ria," katanya.

Keesokan harinya, Sabtu, 10 Desember  dari Bukittingi, menuju Mapolresta Payakumbuh dan selanjutnya Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto melepas komunitas dengan acara yang berthematakan Sefety Reading menuju Kelok Sembilan. "Di Kelok Sembilan kami rehat, sambil menikmati keindahan alamnya," kata Delfilianur.

Selanjutnya, kata Defilianur, rombongan bergerak menuju Kabupaten Tanah Datar dan langsung menunuju Kantor Bupati Tanah Datar. "Kedatangan kami disambut oleh pak Bupati Tanah Datar, Drs Irdinasyah Tarmizi dan kami bergerak menuju Istana Pagaruyung dan objek wisata lainya yang ada di Kabypaten Tanah Datar, seperti Desa Pariyangan," tambahnya.

Dari Tanah Datar, kata Defilianur lagi, rombongan menuju Kabupaten Solok. "Kedatangan kami juga disambut oleh pak Bupati, Gusmal dan malam harinya, kami mengikuti  acara Festifal Lampu Hiar di Danau di Ateh dan Danau di Bawah dan menginap di wisma yang ada di pinggir danau," ujarnya lagi.

Paginya, Minggu 11 Desember,  komunits pergi melihat kepuncak yang katanya bisa melihat tiga danau sekaligus dan rehat makan siang. "Sesudah itu, kami meluncur ke Kawasan Mande Kabupaten Pesisir Selatan. "Selama berada di Kawasan Mande, semua fasilitas disiapkan oleh pak Bupati Pessel, Indra Joni," ujarnya.

Kemduian dari Kawasan Mande, meluncur ke Kota Painan dan terus ke Pantai Carocok. "Malamnya, sekitar pukul 21.30 WIB acara puncak penutupan dengan acara hiburan dengan orgen tunggal dan ikut membaur dalam acara pak bupati dan pak kapolres," katanya. (PRB)