BIJAK ONLINE ( PADANG) – Bahasa Inggris sangat penting untuk menghadapi era globalisasi saat ini, oleh karena itu keberadaan program "English Day" di sekolah diharapkan akan lebih  membawa Kota Padang ke area internasional. 

Demikian antara lain disampaikan Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo sewaktu melaunching program tersebut di Palanta kediaman resmi Walikota, Senin, 28 November 2016.  

“Melalui program English Day tersebut, saatnya membuat siswa, guru dan kepala sekolah yang internasional bagi Kota Padang ke depan. Dengan meningkatkan praktek bahasa Inggris bagi murid dan guru di sekolah, seperti yang telah disepakati dilakukan setiap hari Rabu,” ujar Walikota.

Mahyeldi menyebutkan, demi membuat Padang terkenal di skala internasional, Pemerintah Kota Padang telah berupaya seperti membawa cukup banyak negara luar ke kota tersebut. Upaya itu menurutnya, juga bahagian konsep dasar dari program English Day, dimana dapat membawa lingkungan bahasa Inggris ke sekolah, sehingga siswa dan guru dapat praktek bahasa Inggris lebih banyak serta meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris.

“Jadi, English Day ini sangat positif bagi masa depan generasi kita. Untuk itu, mari kita laksanakan dan sukseskan program ini, sehingga kita bisa menjadi generasi International di masa-masa yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu Panitia Pengarah sekaligus penggagas English Day Kota Padang, Rico Candra Negoro menyebutkan untuk memperkenalkan English Day ke sekolah-sekolah, pihaknya telah melakukan banyak kegiatan, seperti melatih siswa SMA, SMK dan SMP di Padang untuk menerapkan English Day di sekolah. 

“Kami telah menyosialisasikan program English Day ke guru-guru bahasa Inggris. Kemudian juga mengunjungi beberapa sekolah untuk menjelaskan lebih lanjut tentang English Day dan terakhir membentuk kepanitiaan untuk menjalankan English Day di Kota Padang,” terangnya.

Lebih lanjut katanya lagi, sebenarnya, Program English Day tidaklah sulit, karena orang-orang di sekolah hanya melakukan kegiatan bahasa Inggris di sekolah. Misalnya, menyambut siswa dengan bahasa Inggris, memberikan pengumuman di sekolah dengan bahasa Inggris dan guru mencoba untuk berbicara bahasa Inggris dengan siswa.

“Ada 14 kegiatan utama bahasa Inggris yang bisa dilakukan untuk menerapkannya di sekolah. Dan, kami akan memberikan sertifikat kepada sekolah yang aktif dalam menerapkan English Day. Dimana ada 3 tingkat sertifikat yang dimulai dari tingkat C, B dan A. Makin banyak kegiatan bahasa Inggris yang telah dilakukan di sekolah, makin tinggi level sertifikat yang akan diterima. Sebagaimana sertifikat tersebut sebagai motivasi dan penghargaan untuk sekolah tersebut,” tukasnya.

Dalam launching English Day ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi, Kepala SMA, SMK dan SMP, serta guru bahasa Inggris dan para murid se-Kota Padang. Kegiatan tersebut juga menghadirkan relawan pendidikan dan para murid  dari negara Jerman dan Australia. (David/ Faisal)