BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)— Pembudidayaan Ikan, milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman, ditinjau Wali Kota Pariaman, Drs.H. Mukhlis Rahman,MM bersama Wakil Wali Dr.H. Genius Umar, S.Sos, M.Si dan Kelompok Gandoriah Sepeda Klub (GSK),di Desa Kajai, Kecamatan Pariaman Timur, Minggu (30/10/2016).

Salah satu kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang dikunjungi adalah Pokdakan Tusamon yang diketuai Ridwan,SPd. yang berdiri sejak tahun 1999.

Mukhlis Rahma, pada kesempatan itu mengatakan sangat Apresiasi terhadap kinerja Kelompok Pokdakan Tusamon dalam meningkatkan Ekonomi Anggota kelompok, keberhasilan ini tidak terlepas dari  kerjasama antar anggota dalam kelompok.

"Bagi Pokdakan ingin maju seperti Tusamon, harus gunakan bantuan yang diberikan Pemerintah untuk kemajuan kelompok, jangan bantuan habis kelompoknya hilang alias mati." jelasnya.

Menurut Mukhlis, Pokdakan Tusamon telah dibimbing dan dibina dalam bentuk pelatihan, bimbingan, bantuan bibit dan pakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman sehingga berkembang dari kelompok pemula menjadi kelompok Madya (Mandiri).

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril, menjelaskan di Kota Pariaman terdapat 27 Pokdakan dan 18 Unit Pembibitan Rakyat (UPR), Pokdakan Tusamon merupakan kelompok pembudidaya Ikan berkinerja baik tingkat Propinsi Sumatera Barat, pada tahun 2013.

"Pokdakan Tusamon telah diajukan ke Pemerintah Pusat untuk dinilai sebagai Pokdakan berkinerja baik tingkat Nasional, Insya Allah tahun ini tim penilainya akan turun ke Kota Pariaman."tuturnya.
Kepala Desa Kajai, Andri Yusal, mengatakan bahwa sebagai Pokdakan yang sudah berstatus madya dan memiliki sertifikat CBIB telah mampu memproduksi ikan gurami sebanyak 5 ton pertahun, dan ikan nila 2 ton pertahun, dengan jumlah kolam sebanyak 20 unit.

"Setiap minggu silahkan mancing mania disini, dengan Insert 80ribu, 20 ribu untuk hadiah dan 60.000 untuk panitia. peserta yang mendapatkan ikan terbesar pertama s/d ketiga akan mendapatkan hadiah."ungkapnya sambil berpromosi.

Kelompok Tusamon (Tumbuh Saat Moneter) ini sedang diajukan oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk mendapatkan program Gerakan Pakan Mandiri (Gepari) dari Pemerintah pusat tahun 2017.
Pada akhir kunjungan Walikota Pariaman, Mukhlis R dan Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar memesan Ikan Gurami dan Nila hasil budidaya kelompok Tusamon yang semakin maju dan jaya. (j/amir)

google+

linkedin