Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) adalah organisasi kemasyarakatan yang berazazkan Pancasila dan UUD 1945, didirikan pada tanggal 17 Agustus 2007 untuk mewujudkan lestarinya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan masyarakat yang adil makmur dan sejahtera. Bersifat mandiri, inovatif, kreatif dan konsekwen serta terbuka tanpa membedakan ras, agama, suku dan golongan.

MPI merupakan suatu wadah tempat berhimpunnya para tokoh masyarakat, pemuda dan anak bangsa yang menjiwai arti dari Pancasila yang sesungguhnya. Memiliki 12 sayap organisasi antara lain Komando Kusus, Lembaga Buruh,  Brigade Mahasiswa, Lembaga Bantuan Hukum dan lain sebagainya. 

MPI lahir karena gerakan kesadaran masyarakat Indonesia yang merasa dan ikut bertanggung jawab terhadap kemelut bangsa yang berkepanjangan, dililit krisis dihampir seluruh sisi kehidupan, pengangguran dan kemiskinan semakin meningkat serta korupsi merajalela.

Pancasila yang merupakan falsafah dan jati diri bangsa dibiarkan punah dari ranah ideologi, pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan budaya sehingga kehilangan arah didalam berbangsa dan bernegara.

Maka dari itu MPI bertekad akan selalu melakukan pengawasan atau control social terhadap pemegang kekuasaan pemerintahan agar menjalankan pemerintahan yang baik dan benar, agar terwujudnya solusi yang tepat didalam membangun karakter bangsa dengan memasyarakatkan Pancasila dan memPancasilakan masyarakat.

Dan MPI pun akan menjadi garda terdepan didalam hal pemberantasan tidak pidana korupsi yang telah menghancurkan sendi-sendi kehidupan. MPI berperan sebagai pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara untuk membangun dan menciptakan iklim yang kondusif, harmonis dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, mandiri dan berbudi pekerti yang luhur.

Kemudian merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI untuk memupuk kesadaran dan penghayatan akan arti dan hakekat wawasan Nusantara sebagai suatu kesatuan Politik, satu kesatuan Ekonomi, satu kesatuan sosial budaya dan satu kesatuan pertahanan keamanan.

Serta turut serta mewujudkan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian yang abadi dan keadilan sosial secara bebas dan aktif. (Penulis Komandan Komando Khusus MPI Provinsi Sumbar).