PENUHILAH Panggilan Shalat Wajib 5 Waktu oleh Muadzin di Seantero Surau/ Masjid di Manapun Kita Berada.

Banyak mention atau komentar masyarakat di beberapa akun medsos saya, akhir-akhir ini. Sebagian berharap Pemprov serta Pemko/ Pemkab adakan Program Shalat Berjamaah, menyambung program nasional yang diluncurkan para ulama pada 12 Desember kemarin.

Kalau kita melihat dari sisi zahir/ nyata, sebenarnya program seperti itu, sudah lama diadakan, dihimbau, di Ranah Minang ini. Baik oleh para ulama, guru, maupun Pemda. Program Didikan Subuh, Pejuang Subuh, Instruksi Shalat Berjamaah bagi PNS, itu sudah kita luncurkan, jauh hari sebelumnya.
Karena, perlu kita sadari, kuatnya fondasi iman, berbanding lurus dengan kuatnya ketahanan mental masyarakat dan bangsa dari infiltrasi negatif dari luar.

Tetapi, perlu kita sadari pula, bahwa semenjak Allah memerintahkan umat Islam melakukan shalat 5 waktu, itulah "Program Wajib Umat Islam". Para Muadzin Surau/ Masjid pun selalu ingatkan kita untuk memenuhi kewajiban itu. Bukankah "SK" nya sudah sangat kuat, karena datangnya dari Yang Maha Pencipta?

Kami para Umara dan Ulama, hanya mampu mengingatkan kita semua akan SK Yang Maha Agung itu, melalui SK dan seruan kecil kami. Hati masing-masing kitalah yang harus sering kita ketuk dan semangati untuk memenuhi panggilanNYA.

SK dan aneka program dari Pemda dan Ulama, hanya untuk menyambung syiar agar kita tak terlena aktivitas duniawi saja. Bangsa besar dan kuat, adalah bangsa yang dilingkupi kesadaran Qalbu dari masing-masing individunya.

Masyarakat Sumatera Barat yang sejak dahulu kala, sudah memegang asas Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, serta baru saja meraih kehormatan terpilih sebagai Destinasi Wisata dan Destinasi Wisata Kuliner Halal Terbaik Di Dunia, harus mampu menjadi teladan bagi bangsa ini, dalam revolusi hati ini. Kita ingatkan diri kita, keluarga kita, saudara kita, serta kawan handai taulan untuk penuhi panggilan shalat ini. (Penulis Gubernur Sumbar)

Ayo Kembali Ke Surau !
Tunaikan shalat 5 waktu berjamaah di Surau/ Masjid/ dan sebagainya