ALHAMDULILLAH, hari ini,saya bersama Baznas Prov Sumbar menyerahkan Zakat Kolektif Tahap III Tahun 2016, Rabu, 14 Desember 2016. 

Distribusi Zakat Kolektif Tahap III yang dilakukan di Masjid Nurul Iman ini dihadiri oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prov. Sumbar Syamsul Bhari Khatib, Kepala Biro Bina Sosial Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sumbar, Kepala Bagian Agama Biro Bina Sosial Setdaprov Sumbar, dan para penerima zakat.

Zakat Kolektif Tahap III dengan nilai total sebesar Rp1.406.500.000 didistribusikan kepada 886 Penerima Zakat, dengan rincian: 407 Mahasiswa Penerima Zakat melalui Progam Sumbar Cerdas dalam bentuk beasiswa pendidikan; 14 Penerima Zakat melalui Program Sumbar Peduli; 465 Penerima Zakat melalui Program Sumbar Makmur, di mana beberapa Penerima Zakat di antaranya mendapat bantuan berupa alat-alat pengembangan usaha seperti 5 unit mesin tempel, mesin sarikayo, 2 unit mesin bordir, 3 unit mesin juki, 2 unit mesin obras, 16 unit mesin pola, 2 unit becak, dan becak penumpang.

Saya berpesan kepada seluruh Penerima Zakat agar memanfaatkan zakat yang diterima dengan baik dan benar sesuai peruntukannya. Gunakan dan manfaatkan dengan benar zakat yang diterima. Penuhi kebutuhan keluarga dan anak. Jangan sampai nanti begitu terima zakat malah buat beli rokok satu kardus.

Saya juga mengingatkan agar Penerima Zakat tidak menyerah dengan keadaannya kini dan berusaha sungguh-sungguh mengembangkan diri supaya ke depan dapat menjadi pemberi zakat alih-alih penerima zakat, karena zakat sejatinya merupakan salah satu Rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh seluruh Muslim. (Penulis Gub Sumbar)