BIJAK ONLINE (Padang)-Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang sebagai wadah perjuangan, pembawa aspirasi dan pemberdayaan koperasi sebagai Pilar Ekonomi Bangsa, akan melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) untuk memilih ketua.

"Insya Allah, Musda Dekompinda Kota akan dilaksanakan, Desember 2016 ini dan tanggalnya masih mencari hari dan waktu yang tepat," kata Plt Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Padang, H Lincoln Alex, kepada Tabloid Bijak dan Padangpos.com, Kamis, 8 Desember 2016.

Struktur kepengurusan pelaksana Musda Dekopinda sudah dibentuk dan telah melaksanakan rapat koordinasi. "Sebagai ketua Steering Commitee dipercayakan kepada Chandra dan Organizing Commitee, Wahyu Iramana Putra," kata  ketua pensiuan Stasiun RRI Padang ini.

Menurut Lincoln Alex, sesuai dengan AD/ART Dekopinda Bab XIII pasal 44 ayat 1, dijelaskanuntuk tingkat kabupaten dan kota, Musyawarah Daerah (Musda) sekurang-kurangnya sekali dalam lima tahun.

Kemudian di ayat 2-nya, kata Lincoln Alex, disebutkan, Musyawarah Daerah diselenggarakan oleh Pimpinan Dekopinda dan dihadiri oleh Dekopinda WIlayah. Sedangkan di ayat 3, ditegaskan, peserta Musyawarah Daerah adalah, Pimpinan Dekopinda, Utusan koperasi anggota Dekopin  di tingkt kabupaten dan kota, serta penasehat dan majelis pakar, dilengkapi dengan instansi lain yang diundang. 

Sedangkan wewenang Musda, kata Lincoln Alex agi, mengesahkan laporan dan pertanggungjawaban Pimpina Dekopinda daerah, memilih dan memberhentikan Pimpinan Dekopin Daerah yang selanjutnya diusulkan untuk disyahkan oleh Pimpinan Dekopin. "Wewenang Musda juga membahas dan mengesahkan program kerja dan anggaran belanja Dekopin Daerah dan menetapkan pokok-pokok pikiran dan kebijakan organisasi Dekopin Daerah disampaikan pada Musyawarah Nasional Dekopin," kata sekretaris Organda Sumbar ini. (PRB)