Team assesor tengah melakukan pemeriksaan dokumen borang Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti Padang.

BIJAK ONLINE (Padang)-Program Studi Teknik Arsitektur dan Teknik Elektro Fakultas Teknik & Perencanaan Universitas Ekasakti Padang divitasi oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) masing-masing selama 2 (dua) hari  di Lantai 2, Gedung Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti, Jalan Veteran Dalam Nomor  26 Padang.

Kedatangan Tim Asesor BAN PT tersebut untuk melakukan asesmen dan Verifikasi dokumen Akreditasi (Borang) Program Studi (Prodi) yang diajukan oleh Fakultas Teknik & Perencanaan Universitas Ekasakti Padang ke BAN PT bulan September 2016 lalu. Kegiatan Asesor intinya mencek kebenaran  dokumen dan data dilapangan, kata Dekan Fakultas Teknik & Perencanaan Risal Abu di ruang kerjanya Kamis (8/12) kemarin.

Tim Asesor BAN-PT untuk Prodi Teknik Arsitektur, yaitu: Dr. Joesron, M.Eng. dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Prof. Kemas Ridwan Kurniawan, ST, M.Sc, Ph.D  dari Universitas Indonesia (UI) Jakarta, sedangkan Asesor untuk Prodi Teknik Elektro, yaitu: Prof. Dr. Ing. Adang Suwandi Ahmad dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Dr. Indra Surjati, MT. dari Unversitas Trisakti Jakarta. 

Risal Abu menyebutkan Tim Asesor melakukan asesmen terhadap 7 (tujuh) standar Borang Akreditasi, diantaranya melihat sarana dan prasarana, kegiatan Tridharma PT dan pengembangan dosen, Tata Pamong, Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, suasana akademik, kegiatan kemahasiswaan, fasilitas belajar seperti penggunaan media pembelajaran dan laboratorium, mutu materi yang diajarkan,  serta sarana pendukung lainnya. 

Dalam penyusunan  borang akreditasi ini sampai pengiriman ke BAN-PT, banyak personil kita libatkan  kata Rizal Abu, mulai dari Pembantu Dekan, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Dosen dan Karyawan dilingkungan Fakultas Teknik & Perencanaan.  

Program Studi Teknik Arsitek selama ini terus menjalin hubungan kekeluargaan yang kompak dalam penguatan kelembagaan, sehingga terjalin  hubungan yang harmonis, kata Rizal Abu. Diharapkannya Prodi Teknik Arsitek ini meraih akreditasi yang terbaik, karena segala kebutuhan dan kelengkapan yang dibutuhkan sudah dipenuhi dan dibenahi dengan baik.

Selesai Visitasi, Ketua Tim Akreditasi BAN PT Prof. Kemas Ridwan Kurniawan, ST, M.Sc, Ph.D menyerahkan hasil Visitasi Prodi Teknik Arsitektur kepada Dekan Fakultas Teknik & Perencanaan Rizal Abu disaksikan para Pimpinan Fakultas Teknik & Perencananan UNES.
Untuk Prodi Teknik Elektro diserahkan oleh Prof. Dr. Ing. Adang Suwandi Ahmad dari ITB Bandung juga kepada Dekan Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti Padang Rizal Abu.

Menurut Rizal Abu, hasilnya keluar diperkirakan Januari 2017 mendatang, insya Allah kita akan meraih Akredfitasi “B”, bisa saja Akreditasi “A”. (Ka. Humas H. Syarifuddin, SE, M.Hum)