GOR Batutupang yang terletak di Kawasan Koto Baru, kecamatan Kubung, kalau malam hari minim penerangan dan diduga sering digunakan untuk lokasi maksiat

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Lokasi Kawasan GOR Batutupang  Koto Baru, Kecataman Kubung, Kabupaten Solok diduga mejadi kawasan empuk bagi kalangan remaja pemakai barang haram, seperti Sabu-sbu, ganja dan sejenis obat-obat terlarang lainya.

Kawasan ini juga disinyalir lokasi perbuatan mesum, karena minimnya penerangan sekitar loaksi GOR pada malam hari. Lokasi ini juga jarang dari pengawasan patroli Satpol PP dan pihak kepolisian pada malam hari, sehingga kawasan GOR sering dijadikan lokasi maksiat. “Saya melihat banyak anak muda-mudi yang pergi ke GOR pada malam hari, apalagi pada malam Minggu. Kalau tidak ada pengawasan, maka lokasi ini akan menjadi lokasi empuk untuk berbuat maksiat seperti perzinahan dan transaksi narkoba,” jelas Tancin (65), warga Koto Baru, Senin, 5 Desember 2016.

Dijelaskan Tancin, polisi juga sudah sering menagkap pelaku narkoba di kawasan ini, termasuk dugaan perbuatan maksiat lainnya. “Saat ini jarang ada patroli yang saya lihat dari pihak keamanan. Selain itu, lokasi ini tampak gelap pada malam hari,” terang Tancin.

Selain kawasan tersebut juga kerap dijadikan lokasi mesum bagi kalang muda mudi yang sering nogkrong di kawasan tersebut. Dikarenakan kurangnya penerangan di sekeliling kawasan Gor Batu batupang. Hal itu juga diungkapkan Hendra salah satu warga Nagari Koto Baru, dia berharap pemerintah menambah lampu penerangan serta mengefektifkan petugas perngamanan, seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Kalau bisa pemerintah daerah kembali menenpatkan Polisi Pamong Parja di kawasan tersebut, karena sudah banyak masyarakat yang mengeluh dan kesal terutama orang tua yang takut anaknya terpengaruh dengan kenalan remaja yang semakin meningkat akhir-akhir ini,” jelas Hendra. Keberadaan kawasan gelangang olah raga yang jadi kebangaan masyarakat Kabupaten Solok itu terkesan mati suri. Hanya dimaanfakan kalangan sebagai tempat untuk ajang latihan balap motor di sore hari.

Di malam hari tentu kawasan tersebut akan terlihat sepi namun terlihat ramai di tempat-tempat gelap. Karena kegelapan akan memudahkan terjadi hal-hal yang tidak inginkan, seperti memakai obat telarang, pesta miras dan kalangan muda mudi pacaran. Pada bulan Agustus lalu, jajaran Satuan Narkoba Polres Solok  berhasil mengamankan seorang ibu muda yang sedang mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu di kawasan Gor Batu Batupang.
\
Kepada petugas yang memeriksanya, wanita muda itu mengaku mendapatkan barang haram  jenis sabu terbungkus dalam plastik putih kecil itu, dibelinya dari seorang kenalanya yang juga dibeli dari orang lain di sebuah lokasi di Kota Solok.

Untuk menjaga hal serupa tidak terjadi lagi, diharapkan kerja keras dan optmimalisasi dari petugas keamanan agar kawasan itu bersih dari perbuatan mesum (wandy)