BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Profesor DR H Irwan Prayitno PSi MSc, sengaja mengumpulkan semua SKPD dijajarannya untuk membantu kuliner redang untuk disumbangkan ke masyarakat Pidie Aceh yang dilanda gempa bumi 6,5 SR, Rabu, 7 Desember 2016, sekitar pukul 05.03. 36 WIB.

"Kami sengaja mengirim rendang, karena rendang sangat praktis dan tinggal dimakan, serta awet dan tahan lama jika dibandingkan makanan lainnya," kata Gubernur Sumbar kepada wartawan, sebelum melepas keberangkatan rombongan yang akan bertolah ke lokasi gempa, Pidie Aceh, Jumat, 9 Desember 2016.

Menurut Irwan Prayitno, rendang yang terkumpul sekitar 895 kg merupakan sumbangan dari SKPD dan jajarannya dan rendang itu langsung dibawa ke lokasi korban gempa. "Saya masih mengajak masyarakat Sumatera Barat untuk ikut menyumbang rendang, agar saudara-saudara kita bisa menikmati rendang dari padang," kata dewan syuro PKS ini.

 Kemudian Irwan Prayitno menyebutkan, selain bantuan rendang, Pemprorov Sumbar juga memberikan bantuan uang lebih kurang lebih sebesar 450 juta yang terdiri dari 100 juta bantuan Baznas Provinsi  Sumbar dan 350 juta dari APBD Sumbar. "Bantuan yang kita berikan ini untuk bantuan siaga bencana dan kalau nanti sudah masuk ke masalah rehap rekon korban gempa, kita juga akan memberikan bantuan," kata anak Nagari Taratak Paneh Kecamatan Kuranji Kota Padang ini. 

Khusus untuk rendang, kata Irwan Prayitno lagi, kemungkinan akan ada lagi pengiriman ke lokasi gempa. "Saya tadi dapat masukan dari Kepala BPBD Sumbar, pak Nasridal, yang menyebutkan masih banyak masyarakat yang akan menyumbang, tetapi kemarin terkendala dengan sulitnya mendapatkan daging," tambahnya, sembari menambahkan, Pemprov Sumbar bantaun dari PMI Sumbar juga mengirim 2 mobil tangki air bersih, 194 dus makanan siap saji, dan 8 orang Tenaga Reaksi Cepat untuk Kab. Pidie Jaya, Provinsi NAD. (PRB)