BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof DR H Irwan Prayitno, PSi, MSc, mengucapkan berduka dan berlangsungkawa atas meninggalnya, Ilwan lifter angkat berat peraih medali perak di PON Kaltim dan PON Riau, Selasa dini hari, 00.15 WIB di Kota Bukittingi.

"Sebagai gubernur, saya turut berduka yang mendalam dan semoga almarhum mendapat tempat yang layak disisi Allah Yang Maha Kuasa," kata Gubernur Sumbar ketika dihubung Tabloid Bijak dan Padangpos.com, Selasa, 13 Desember 2016.

Menurut gubernur, prestasi yang telah diukir almarhum dipentas olahraga nasional, seperti di PON Kaltim dan PON Riau, patut dikenang dan disyukuri. "Saya minta KONI Sumbar dan KONI Bukitting, serta pimpinan cabornya, selain mengucapkan dukacita, juga memberikan perhatian khusus kepada keluarga yang ditinggal almarhum," kata dewan syuro PKS ini.

Perhatian dan kepedulian yang dimaksud, kata Gubernur Sumbar, bisa dengan berkunjung kerumah duka dan bisa juga dengan memberikan penghargaan, sebagai ucapan terima kasih terhadap jasa dan perjuangan almarhum dipentas olahraga nasional. 

Secara terpisah, Ketua Harian PABBSI Sumbar, Komber (purn), Busrizen SH menyebutkan dirinya ikut berlangsungkawa. "Saya sekarang di Kota Batam dan saya sudah mengutus pengurus lainnya bertakziah kerumah duka," katanya.

Setahu dirinya, kata Busrizen, almarhum merupakan atlet PABBSI Sumbar yang punya prestasi. "Waktu kejurnas, almarhum lolos PON dengan prestasi medali perak dan sayangnya waktu di PON Jabar, almarhum gagal mewujudkan harapannya dan saya waktu di PON Jabar itu sudah menghibur almarhum, agar jangan sampai prustasi karena gagal meraih medali PON Jabar," kata alumni Thawalib Padang Panjang ini. 

Kemudian, kata Burrizen, dirinya menyarankan kepada panitia Musyorprovlub dan peserta, selain mengucapkan berduka, juga dilaksanakan acara mengheningkan cipta dan berdoa kepada Allah, untuk almarhum. "Maksudnya, setelah acara pembukaan Musyorprovlub, Rabu, 14 Desember, 2016, langsung saja dilaksanakan acara mengheningkan cipta," ujarnya.

Sebagai atlet, jasa almarhum terhadap dunia olahraga Sumbar, sangat patut juga diberikan penghormatan. Soalnya, almarhum, berhasil meraih medali perak di PON Kaltim dan PON Riau. "Semoga saran dan harapan saya ini menjadi, perhatian dan pertimbangan bagi panitia Musorprovlub," tambahnya. (PRB)