BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof DR H  Irwan Prayitno, PSi MSc, sengaja menjamu makan malam, Audun Kvitland warga negara Norwegia si pelantun lagu yang berjudul Nasi Padang,  di Auditorium Gubernuran, Senin, 5 Desember 2016.

Hadir dalam acara jamuan makan malan itu, para seniman Kota Padang, Sekretaris Daerah Ali Asmar, beberapa kepala SKPD dilinkungan Pemprov. Sumbar, Dirut Bank Nagari, Semen Padang serta tokoh-tokoh pengusaha Padang.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutanya menyampaikan, sangat bangga dan senang dengan kreatifitas Audun Kvitland yang telah mempopulerkan Nasi Padang dalam syair lagu yang cukup menawan. Ini sebuah kebanggaan tersendiri dalam mempromosikan makan enak dari Sumatera Barat dikenal di seluruh dunia.

Syair lagu yang materikan bahasa Inggris ini tentu menjadi gaya dan khas tersendiri bagi Audun Kvitland dalam memahami enak dan lezatnya makanan Padang. Tentunya ini menjadi inspirasi pula hendaknya dari seniman yang ada di Sumatera Barat untuk menyairkan semua keindahan dan nikmatan apa apa yang ada di Sumatera Barat.

Dengan syair dan nada lagu tentu khas dan keistimewaan pariwisata Sumatera Barat lebih mudah di promosikan, karena nada lagu amat mudah dimengerti oleh semua bangsa di dunia ini. "Pak Asnam Rasyid dan seniman musik lainnya kita tantang untuk melahirkan lagu-lagu yang menginspirasikan Sumatera Barat," himbau Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno juga menyampaikan, kehadiran Audun Kvitland  dalam  jamuan makan mala, selain sebagai apresiasi yang tinggi juga sebagai penghargaan pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah juga mempromosikan keenakan dan lezatnya wisata kuliner Sumatera Barat.

Saat ini lagu nasi Padang itu amat populer di you tube, hingga lebih dari puluhan ribu yang menyukai. Ini menandakan respon banyak orang terhadap wisata Sumatera Barat amat tinggi. "Mudah-mudah ini semakin membuka keingunan orang untuk berkunjung ke Sumatera Barat," harap Irwan Prayitno.

Audun Kvitland dalam kesempatan itu menyampaikan, ungkap terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Sumatera Barat dan makanan Nasi Padang memang enak dan nikmat. Ini makanan yang selalu mengingatkan dan selalu ingin terus mencicipinya.

"Saya senang dengan Sumatera Barat, wisata alam dan kuliner yang hebat dan lezat, moga nasi Padang selalu ada untuk semua," harapnya. (Humas Sumbar)