BIJAK ONLINE (SOLOK)-Jambore BNK Kabupaten Solok ke-X Tahun 2016, rencananya akan digelar pada tanggal 29 Desember 2016 hingga tanggal 31 Desember 2016, bertempat di Taman Hutan Kota Terpadu (THKT) Sukarami. Jika Jambore BNK Thun 2015 lalu dimajukan menjadi tanggal 30 Juli 2015, karena waktu itu Jabatan Bupati Solok, Syamsu Rahim berakhir tanggal 2 Agustus 2015.

Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, mengharapkan agar pada Jambore BNK yang akan diikuti 5000 orang peserta yang mayoritas dari kaum remaja seperti pelajar ini, sekaligus bisa untuk sosialisasi kampanye maslah bahaya narkoba bagi generasi muda. “Kita harapkan pada Jambore BNK nanti, bisa dijadikan ajang untuk lebih mensosialisasikan bahaya narkoba bagi generasi bangsa dan menerapkan pola hidup sehat seperti dengan berolahraga,” jelas H. Gusmal, Selasa, 6 Desember 2016.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jika pelaksanaan BNK tahun 2015 lalu dilaksanakan di Bumi Perkemahan Mapolres Arosuka, Kawasan Lubuk Selasih, maka tahun 2016 ini rencananya akan dilaksnakan di Bumi Perkemahan Taman Hutan Kota Terpadu (THKT) Sukarami. 

Menurut Bupati Solok, H. Gusmal, kemaren, Jambore BNK akan diikuti lebih dari 5000 peserta dari berbagai unsur di Kabupaten Solok seperti kontingen pelajar SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi, perwakilan Kecamatan, Ormas, LSM dan Orsospol se- Kabupaten Solok, wartawan dan lain sebagainya.

 “Mudah-mudahan Jambore BNK yang sudah kita laksanakan sejak tahun 2007 lalu, akan lebih meriah dan bisa sebagai ajang promosi bahwa kita di Kabupaten Solok berkomitmen harus bersih dan menolak pemakaian dan penggunaan narkoba,” terang Bupati H. Gusmal. 

Dari kegiatan Bumi perkemahan BNK inilah, Bupati Solok, H. Gusmal, menerima penghargaan dari Presiden RI pertengahan tahun ini, sebagai penerimapenghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dari Presiden RI, Joko Widodo, pada tanggal 26 Juni 2016 di Jakarta atau bertepatan dengan peringatan puncak Peringatan Hari Narkoba Tahun 2016. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPR, DPD, dan Lembaga Tinggi Negara lainnya, beberapa orang Menteri, Kepala Lembaga Setingkat Menteri, Wakil Gubernur DKI, Kepala BNN, Budi waseso dan undangan lainnya.

“Kalau tidak ada aral melintang, maka rencananya BNK ini akan dibuka oleh Kepala BNN RI, Bapak Budi Waseso,” jelas H. Gusmal.  Sementara pembukaan Jambore BNK Kabupaten Solok yang pertama kali digelar Tahun 2007 itu, diapresiasi Kepala BNN Republik Indonesia waktu itu, Komjen Polisi Anang Iskandar yang datang langsung menghadiri pembukaan kegiatan acara tersebut. Bupati Gusmal juga menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan Jambore BNK Kabupaten Solok ini, merupakan sebuah kontribusi nyata yang patut diapresiasi guna meningkatkan pemahaman generasi muda tentang bahaya penyalahgunaan narkoba (wandy)