Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi didampingi Kakan Kesbangpol, Eri Sendjaya menyerahkan bahan materi Sosialisasi pendidikan politik bagi generasi muda, kepada salah seorang peserta sosialisasi.

BIJAK ONLINE (PADANG)-Pemerintah Kota Padang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Sosialisasi tentang pendidikan politik bagi generasi muda se-Kota Padang, di Aula Bagindo Aziz Chan Balaikota, Kamis, 1 Desember 2016.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Walikota (Wawako) Padang, H. Emzalmi  dengan diikuti sebanyak 150 peserta dari berbagai organisasi masyarakat (ormas) kepemudaan dan mahasiswa se-Kota Padang.
Wawako dalam kesempatan itu mengatakan, sebagaimana diketahui kegiatan-kegiatan pembangunan bagi masyarakat tidak saja hanya berkaitan dengan pembangunan fisik, ekonomi dan sosial budaya. Namun juga tak kalah penting pendidikan dalam berpolitik. Sebagaimana undang-undang (UU) di negeri ini mengatur, untuk bisa memilih pemimpin mulai dari kabupaten/kota, provinsi sampai nasional dengan melibatkan masyarakat.

"Jadi, hak-hak politik masyarakat sangat dihargai di negeri ini. Sehingga tugas pemerintah bagaimana memberikan pemahaman-pemahaman, pencerahan dan meningkatkan kesadaran politik khususnya bagi generasi muda melalui sosialisasi kali ini,” terangnya.

Emzalmi mengharapkan, agar dalam kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) atau pemilihan legislatif (Pileg), masyarakat tidak menganggapnya berupa kegiatan seremonial saja. Padahal tujuannya lebih jauh dari itu, dimana satu suara menentukan terhadap hasil dan nilai kepemimpinan ke depan. Masyarakat tidak saja mempunyai hak sebagai pemilih, namun suatu saat juga bisa mendapati hak untuk dipilih.

“Apalagi bagi generasi muda saat ini, ia akan menjadi generasi penerus sebagai pemimpin bangsa ini ke depan. Maka itu kita tentu berharap, proses pelaksanaan politik di negeri ini terus berjalan dengan baik, kondusif dan sesuai ketentuan perundang-undangan. Apalagi pada 2018 nanti Padang akan mengadakan Pilkada,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Kantor (Kakan) Kesbangpol Kota Padang, Eri Sendjaya menyebutkan, sosialisasi tersebut dalam rangka meningkatkan pemahaman generasi muda dalam pelaksanaan proses politik yang terjadi, dalam hal ini proses Pilkada.

"Semoga melalui sosialisasi ini, masing-masing peserta akan paham tentang metode, langkah dan cara berpolitik yang benar. Sehingga, memiliki kesimpulan dan kesiapan dalam menentukan sikap, serta memiliki antisipasi agar tidak masuk dalam pusaran politik peserta Pilkada,” sebutnya.

Ia melanjutkan, setela sosialisasi ini para peserta juga diharapkan dapat melanjutkan kegiatan yang sama ke depan. Sehingga ilmu dan pemahaman yang didapat selama mengikuti sosialisasi dapapt dibagi atau disosialisasikan seperti di bidang kemahasiswaan pada kampus masing-masing serta di masing-masing ormas kepemudaan.

"Melalui keterlibatan mahasiswa dan ormas kepemudaan se-Kota Padang ini, semoga secara keseluruhan kita akan memiliki konsep yang sama tentang berpolitik sesuai marwahnya demokrasi," imbuhnya.

Adapun selaku nara sumber pada sosialisasi tersebut diantaranya, DR. Asrinaldi, M.Si selaku Akademisi Unand, lalu Ketua KPU Padang, Drs. H. M. Sawati, M.Si, Osman Ayub, SE Ketua Komisi I DPRD Padang dan Kakan Kesbangpol Eri Sendjaya S.Sos, M.Si.(David)