BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Kabupaten Padang Paiaman, bakal berjalan seru dan menegangkan. Soalnya ada tiga calon yang berminat untuk memimpin Dekopinda kedepan. Adapun nama tersebut, Endarmy, SE, MM ketua sekarang, Rustam, SE, MM Kadis Koperindag, Energi dan SDM Padang Pariaman dan Drs. Amiruddin, MM dari Koppas Padang Sago.

Ketua Panitia Musda, Afrizal, SE mengatakan, siapa pun boleh maju menjadi calon ketua dengan catatan  terdaftar sebagai anggota Dekopinda Padang Pariaman dan koperasinya melaksanakan RAT Tahun Buku 2014 dan 2015. “Apabila syaratnya memenuhi silahkan maju baik secara pribadi atau ada yang mengusung,” ujar Afrizal.

Afrizal mengatakan hal itu, Kamis (8/12/2016) dalam pemantapan Rapat Panitia Penyelenggara Musda Dekopinda Kabupaten Padang Pariaman Periode 2016-2021 di Pondok Nasi, Nyanyak di Kelurahan Pasir Lohong Pariaman Tengah Kota Pariaman.  

Diakatakn, dasar pelaksanaan Musda ini, surat Dekopinwil Provinsi Sumatera Barat, Nomor. B/027/04.00.F.01/XI/2016 dan rumusan Rapat Konsolidasi Pimpinan Dekopinwil dan Dekopinda se Sumatera Barat tanggal 11,12 November 2016 di Padang, tentang pelaksnaan Musda masing daerah kabupaten/kota se Sumatera Barat.

Menurut Afrizal, dimana jadwal untuk Kabupaten Padang Pariaman, sudah ditetapkan Dekopinwil Provinsi Sumatera Barat, akhir bulan November 2016. Karena pekerjaan Musda ini membutuhkan energi tentu perlu ada rapat pembentukan panitia serta kesediaan dana untuk mengangkatkan acara tersebut. 

“Alhamdulillah, telah didapat kata sepakat, acara Musda Dekopinda Padang Pariaman, Rabu (14/12/2016) di Pondok Indah Kota Pariaman,” ulas Afrizal.

Ketua Dekopinda Kabupaten Padang Pariaman, Endarmy, dalam sambutannya meminta panitia yang sudah diberikan amanah untuk pelaksanaan Musda, supaya dapat bekerja semaksimal mungkin dengan semangat kebersamaan  dan gotong royong, sesuai dengaan semangat berkoperasi. “Tanpa kita tidak akan terlaksana Musda ini dan tidak mungkin orang lain bisa membantu, kalau kita sendiri berpangku tangan, makanya mari semangat dan bangkit bersama,” ujar Endarmy lagi.

Lebih jauh disampaikan Endarmy, Dekopinda Kabupaten Padang Pariaman, terhitung sejak tahun anggaran 2014, tidak pernah mendapatkan anggaran  dari APBD Padang Pariaman, jadi organisasi berjalan sesuai dengan kemampuan ketua dan semangat bersama. 

“Kedepan kita berharap Bupati  Padang Pariaman,  bisa memperhatikan dan membantu Dekopinda dengan anggaran APBD Padang Pariaman yang sesuai dengan aturan keuangan,” tukuk Endarmy lagi. (ap)