BIJAK ONLINE (PADANG)-Wajah bahagia dan gembira yang menyelimuti tiga kepala sekolah (kepsek) Kota Padang penerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2016 menjadi berlipat ganda. Pasalnya, tanpa diduga mereka didatangi Ketua Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) Provinsi Sumbar, Rosman Muchtar.

Perantau Minang asal Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) itu langsung memberikan bonus spontan kepada ketiga kepsek tersebut sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang mereka raih di tingkat nasional.

“Nilainya memang tidak seberapa. Tapi anggap saja sebagai bentuk apresiasi saya terhadap prestasi yang telah bapak dan ibu raih,” ungkap Rosman saat menyerahkan bantuan spontan kepada ketiga kepsek asal Kota Padang melalui Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi di gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Selasa (13/12).

Ketiga kepsek yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2016 itu adalah, Kepala SDN 08 Surau Gadang Kecamatan Nangalo, Raudhati S.Ag, Kepala SMPN 31 Padang Kecamatan Padang Timur, Dra Mardawati dan Kepala SMAN 14 Padang Kecamatan Lubuk Kilangan, Drs Suherman.

Sebagai perantau Minang meskipun bukan berasal dari Kota Padang, namun Rosman mengaku tetap bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih tiga kepsek Kota Padang tersebut. Dia pun tidak tahu kalau ada sekolah di Pessel yang mendapatkan penghargaan serupa karena tidak ada informasi yang sampai kepadanya.

“Tak masalah. Yang penting kita sama-sama orang Minang. Siapa pun dan dari daerah mana pun dia berada, asal membawa nama Sumatera Barat pasti akan saya support. Mudah-mudahan menjadi motivasi bagi yang lain nantinya,” ucap Rosman sembari mohon pamit karena masih banyak urusannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi tidak lupa mengucapkan terimakasih atas perhatian yang diberikan Ketua MPI Sumbar tersebut. Dia pun tampak bingung karena memang tidak kenal dengan Ketua MPI Sumbar itu. Soalnya, secara tiba-tiba Ketua MPI Sumbar ikut memberikan bonus spontan kepada tiga kepsek Kota Padang.

“Siapa nama bapak itu tadi?,” tanya Habibul Fuadi kepada Sumbarzone.com setelah Ketua MPI Sumbar, Rosman Muchtar pergi meninggalkan lokasi.

Saat ditanya apa bentuk reward yang akan diberikan Kadis Pendidikan Kota Padang terhadap prestasi membanggakan yang diraih tiga kepsek tersebut, Habibul Fuadi tidak berani menjawab.

“Nantilah kita bicarakan di Padang. Sekarang kita syukuri saja dulu prestasi ini,” elaknya sembari mengaku akan meneruskan perjalanan dinas ke Kota Bandung.

Setelah acara penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional 2016 itu, para peserta kembali memasuki ruangan untuk mengikuti acara sarasehan tentang Adiwiyata Nasional dengan nara sumber dari Kementerian LHK di tempat yang sama.
Setelah acara usai sekitar pukul 15.00 WIB, rombongan tim sekolah Kota Padang yang dipimpin Yopi Eka Putra SH (staf Bapedalda Kota Padang) itu kembali ke Fave Hotel di Jalan Gatot Subroto Jakarta yang menjadi tempat penginapan tim Kota Padang. Rencananya, rombongan akan kembali ke Kota Padang pada Rabu (14/12) besok. (noa)